Home » My Blog » Yuk Kenali Lebih Jauh Mengenai Primary Care BPJS Kesehatan

Yuk Kenali Lebih Jauh Mengenai Primary Care BPJS Kesehatan

Siapa yang tidak tahu BPJS sekarang ini? Apa itu BPJS? BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jika kamu ingin berobat menggunakan BPJS, kini kamu tidak perlu lagi membawa blanko atau kertas rujukan ke puskesmas atau rumah sakit. Oleh karena itu, sebelum kamu berobat, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu dan kenali terlebih dahulu primary care BPJS Kesehatan. Sistem Primary Care BPJS telah direkomendasikan sejak tahun 2018. Kini, jika kamu ingin berobat kamu diwajibkan menggunakan sistem rujukan online Primary Care BPJS Kesehatan. Kamu cukup mengunjungi rumah sakit yang terdaftar sebagai rujukan dengan cukup menyebutkan nomor yang tertera di kartu rujukan.

primary care bpjs 1

Kemajuan teknologi di era digital ini membuat kamu bisa dengan mudah mengakses Primary Care BPJS Kesehatan dengan cara mengunjungi website berikut pcare.bpjs-kesehatan.go.id. Bukan hanya itu, lebih mudah lagi, aplikasi ini bisa kamu unduh dan kamu akses melalui telepon seluler kamu. Kamu hanya membutuhkan koneksi internet yang tentunya sangat mudah didapatkan. Jumlah fasilitas kesehatan yang terdaftar BPJS seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinikpun sudah banyak yakni sekitar 22.443 unit FKTP seluruh Indonesia.

Apa saja keuntungan kamu menggunakan jasa Primary Care BPJS Kesehatan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Punya Kartu BPJS Buat Apa Sih? Yuk Kenali Primary Care BPJS Kesehatan.

  1. Rujukan Ke Rumah Sakit Jangkauan Terdekat

Dengan menggunakan layanan Primary Care BPJS Kesehatan, kamu atau pasien yang sakit akan dirujuk ke rumah sakit sesuai dengan diagnosis penyakit yang dijangkit. Sesuai dengan kemampuan dan fasilitas rumah sakit dan kompetensi dokter masing-masing yang bertugas. Selain itu, Kamu akan direkomendasikan ke rumah sakit terdekat dengan antrean paling sedikit. Kemudahan lain yang ditawarkan jika kamu menggunakan layanan ini adalah kamu akan mendapatkan nomor antrean via aplikasi. Hal ini membuat kamu tidak perlu menunggu lama di bangku antrean dengan status yang tidak pasti.

  1. Sistem Rujukan BPJS Kesehatan yang Rumit

Sebelum adanya sistem layanan Primary Care BPJS Kesehatan, pasien yang butuh rujukan harus melalui proses yang rumit. Pertama, tentunya pasien yang sakit harus berobat terlebih dahulu untuk menerima diagnosis. Jika memang harus dirujuk, surat rujukan akan dikeluarkan oleh dokter yang bertugas dan tidak bisa diminta langsung oleh pasien yang sakit. Untuk mendapatkan surat rujukan sebetulnya mudah, apalagi jika memang pasien tidak bisa ditangani di unit tempat pasien berobat, namun dengan sistem lama, pasien harus terlebih dahulu menyiapkan berbagai dokumen sebagai persyaratan Sistem Rujukan BPJS Kesehatan. Persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk menerima rujukan tersebut? Antara lain surat rujukan dari fasilitas kesehatan pertama, fotokopi dan asli KTP, Fotokopi asli Kartu KIS atau Kartu BPJS, dan yang terakhir fotokopi Kartu Keluarga (KK).

primary care bpjs 2

Bagaimana jika dokumen tidak lengkap? Hal inilah yang menjadi concern kenapa diadakannya layanan Primary Care BPJS, data yang tidak lengkap pada sistem rujukan sebelumnya tidak akan ditangani secara langsung. Oleh karenanya dibuat layanan Primary Care BPJS untuk mempermudah pasien terutama yang sudah darurat.

Nah, itu dia keuntungan dari menggunakan layanan Primary Care BPJS Kesehatan. Tentunya kita semua berharap dengan adanya sistem kesehatan ini akan memudahkan masyarakat terutama yang membutuhkan pertolongan namun terhalang biaya dan hal-hal administratif lainnya. Semoga sistem ini akan berlangsung dengan baik.