Home » Hobbies » Rekomendasi 6 Mainan Anak Edukatif untuk Usia 2—3 tahun

Rekomendasi 6 Mainan Anak Edukatif untuk Usia 2—3 tahun

Usia 2—3 tahun adalah usia yang krusial dalam tumbuh kembang anak karena mengalami perkembangan yang pesat. Anak usia 2—3 tahun akan mulai berbicara dan melakukan banyak kegiatan sederhana yang membutuhkan mainan anak. Anda tentu saja perlu menyiapkan hal tersebut, misalnya saja dengan menyiapkan mainan anak terbaru yang bersifat edukatif dan merangsang kecerdasannya.

Sebelum masuk pada rekomendasi mainan anak usia 2—3 tahun, Anda harus tahu pertimbangan apa saja yang harus dilakukan dalam memilih mainan anak ini. Pertama, pilihlah berdasarkan kemampuan apa yang ingin Anda kembangkan pada anak Anda. Bisa permainan yang sudah dia kuasai sebelumnya atau yang belum dikuasainya. Kemampuan yang bisa Anda asah melalui mainan anak bisa melatih gerak motorik tangan, melatih daya imajinatif anak, meningkatkan jumlah kosakata anak, dan meningkatkan kreativitas anak.

Kedua, pilihlah mainan yang aman dimainkan anak pada usia 2—3 tahun. Anda bisa melihat label yang tertera pada berbagai mainan anak yang akan Anda beli. Jangan pilih mainan yang terlalu kecil karena rentan tertelan. Jangan juga memilih mainan yang memiliki sudut yang tajam dan keras. Pastikan mainan anak-anak Anda berasal dari bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya.

Rekomendasi 6 Mainan Anak Edukatif untuk Usia 2—3 tahun

  1. Mainan/ boneka hewan yang bisa bergerak dan bersuara

Membelikan boneka binatang bisa membuat anak kecil dan menyayangi binatang sejak dini. Anda bisa membeli binatang yang disukai anak dan bisa bersuara juga bergerak. Bisa juga disertai dengan tali sehingga bisa membuat binatang tersebut seolah-olah bisa diajak jalan-jalan. Anda bisa mengajari anak Anda memperlakukan hewan dengan baik loh!

  1. Momo Little Helper

Anda bisa mengajarkan kebersihan pada anak sejak kecil dengan membelikan mainan berikut ini. Produk yang berisi 9 alat kebersihan ini akan mengajari anak beragam fungsinya. Anda bisa bermain peran bersama anak dan mengajaknya membersihkan rumah. Pastikan Anda membeli mainan dengan label SNI yah.

  1. Mainan geometri 4 bentuk

Mainan ini cocok digunakan jika Anda ingin memperkenalkan beragam jenis bentuk bangun dasar pada anak, seperti lingkaran, segitiga, segi empat, dan persegi panjang. Pada setiap balok bangun dasar, akan ada lubang yang bisa dimasukkan ke dalam papan. Anda bisa melatih motorik halus anak Anda saat memasukkannya ke tempat yang sesuai melalui permainan ini. Pastikan Anda memilih produk dengan bahan MDF yang menggunakan cat nontoxic.

  1. Kulintang 8 tangga nada

Mainan ini bisa mengenalkan musik pada anak Anda. Anak akan belajar nada dan mampu melatih kepekaan syaraf pendengarannya. Motorik halus anak Anda juga akan terlatih ketika mencari nada yang pas saat memainkannya. Kulintang 8 nada ini juga dibagi ke berbagai jenis warna pelangi sehingga menarik sekali bagi anak-anak yang sedang memainkannya.

  1. Mainan memancing

Mainan memancing ini bisa melatih kesabaran anak Anda saat berusaha menangkap dan mengumpulkan ikan. Pastikan Anda mendampingi anak saat bermain agar memancing lebih menyenangkan. Pilih alat pancingan yang juga mengeluarkan lagu, sambil memancing, anak Anda bisa dirangsang syaraf pendengarannya dengan lagu pengiringnya.

  1. Mainan masak-masakan

Banyak anak di usia 2—3 tahun yang penasaran dengan apa yang dilakukan ibunya di dapur. Untuk itu, memberikannya mainan masak-masakan bisa melatih kreativitas anak. Ia juga berkreasi dengan masakan yang ia buat. Tidak hanya itu, anak juga akan semakin mengenal buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga termotivasi untuk memakannya saat waktu makan telah tiba.