Press "Enter" to skip to content

Inilah Cara Merekam Suara di AndroidTanpa Noise


Kemajuan teknologi memberikan kita kenyamanan-kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan banyak hal, salah satunya adalah dengan kemunculan smartphone. Smartphone, sesuai dengan namanya tentu memiliki kecerdasaan yang akan membantumu melakukan berbagai hal di kehidupan sehari-hari.  Mulai dari merekam suara, cara merekam layar, dan sebagainya.

Dengan sebuah perangkat yang bisa kamu genggam, kamu bisa melakukan banyak hal dengan mudah dan praktis. Apalagi sekarang ini, dunia game mobile sedang gencar-gencarnya merambahi berbagai kalangan masyarakat. Perkembangan serta bertambahnya aplikasi-aplikasi yang canggih sangat membantu kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Kita bisa memotret menggunakan android, dan tentunya komunikasi menjadi lebih fleksibel.

Salah satu fitur yang tidak asing lagi bagi kita yang ada dalam sebuah perangkat android adalah aplikasi perekam suara yang bisa membantumu merekam suara. Fitur perekam suara yang ada di android bahkan telah mampu membuat wartawan tidak perlu alat khusus lain untuk merekam suara narasumber, sebab cukup dengan menyodorkan android ke mulut pembicara saja itu sudah cukup bagi seorang wartawan untuk merekam informasi-informasi yang beredar.

Selain untuk wartawan, kamu juga bisa merekam kegiatan bernyanyi kamu atau merekam suara-suara lainnya. Sering kali saat mencoba merekam, kamu dihadapkan dengan masalah yang mengganggu hasil rekaman, apalagi kalau di luar ruangan atau di ruangan terbuka. Ganguan seperti suara kendaraan, teriakan anak kecil membuat rekaman kita tidak mulus dan tidak bersih sehingga kita harus berkali-kali mengulangnya.

Jika terjadi angin kencang, hal ini juga tentu sangat mengganggu hasil rekaman. Nah, untuk menghindari gangguan-gangguan tersebut. Inilah cara merekam suara di android yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari noise. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Ubah Mode Android Ke Mode Silent

Untuk melakukan rekaman tanpa gangguan, tentu hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari gangguan yang datang dari android kamu dengan cara menghindari telefon masuk, chat masuk, serta hal-hal lain yang bisa mengganggu. Ubahlah mode hp kamu ke mode silent supaya tidak ada telefon, chat, atau dering apapun yang masuk dan dapat mengganggu aktivitas merekam suaramu.

2. Perhatikan suara yang ada di lingkungan sekitar

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memulai rekaman dan mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan memastikan bahwa di lingkungan sekitar kamu tidak ada suara-suara aneh yang dapat menganggu proses perekaman suara.

Tentunya setiap tempat memiliki suara masing-masing baik yang sudah biasa kita dengar maupun tidak. Berhati-hatilah pada suara yang biasa kita dengar karena seringkali kita mengabaikan suara tersebut karena sudah terbiasa mendengarnya.

Lihatlah di mana posisi kamu merekam saat ini, apabila di sekitar kamu sering banyak kendaraan lewat, atau anak-anak kecil bermain, maka carilah tempat lain untuk menghindari noise. Atau untuk membantu kamu mendapatkan suara yang lebih jernih dan lebih fokus, kamu bisa menggunakan microphone eksternal. Dalam merekam suara tentunya microphone sangat berguna dan menjadi keharusan jika menginginkan kualitas suara yang bagus.

Nah, itu dia cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara merekam suara di android yang baik tanpa ada gangguan atau noise yang berarti. Jika ingin lebih bagus lagi, usahakan merekam di ruangan yang kedap suara. Bukan hanya suara, bahkan kemajuan teknologi sekarang membuat kamu bisa mengetahui cara merekam layar di android, lho.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *