Press "Enter" to skip to content

Aplikasi Edit Foto di Laptop yang Harus Anda Coba, Menjadikan Gambar Semakin Cantik

Kecanggihan kamera yang ada di pasaran saat ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai macam tipe kamera dengan lensa pendukung akan menjadikan foto anda menjadi lebih sempurna. Merk kamera yang paling banyak digunakan adalah merk Canon, Nikon, dan Sony. Ketiga tipe merk ini paling sering digunakan karena pengoperasiannya yang mudah. Mulai dari kalangan muda, pemula kamera, hingga seseorang yang profesional menggunakan kamera merek ini.

Hasil kualitas gambar yang bagus tidak lepas dari aplikasi editing yang dilakukan. Tidak cukup hanya dengan menggunakan kamera saja, aplikasi kamera yang bagus juga berperan penting menghasilkan gambar yang maksimal. Aplikasi edit foto di laptop banyak sekali jenisnya. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan gaya editing anda. Berikut ini adalah aplikasi yang dapat anda coba.

1. Adobe Photoshop

Merupakan sebuah perangkat lunak editor citra yang dibuat oleh Adobe System. Aplikasi ini khusus untuk keperluan editing foto/gambar dan pembuatan efek. Aplikasi ini sering digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Aplikasi ini dianggap sebagai pemimpin pasar untuk mengolah gambar/foto. Bersama dengan Adobe Acrobat, aplikasi ini dianggap sebagai produk terbaik dari Adobe System. Pada awalnya, aplikasi ini dirancang untuk mengedit gambar yang berbasis cetakan kertas. Namun aplikasi ini telah mengalami perkembangan dimana aplikasi ini juga memproduksi gambar untuk World Wide Web.

Bahkan dalam beebrapa versi terakhirnya, ia juga menyertakan Adobe Image Ready sebagai penunjang. Bagi penggemar fotografi, aplikasi ini memiliki filter “reduce grain”.  Yakni sebuah fitur filter gambar yang membantu mengoptimalkan foto ketika diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Tool dalam Adobe Photoshop berfungsi untuk membntu mempermudah proses pengeditan. Tercatat ada 59 tool yang dapat dipakai untuk pengguna. Masing-masing tool memiliki fungsinya masing-masing yang spesifik.

2. Paint Shop Pro

Paint Shop Pro adalah sebuah aplikasi editing gambar yang ada di laptop. Aplikasi ini cukup udah digunakan. Paint Shop Pro merupakan software foto editing dasar. Aplikasi ini merupakan editor raster dan vektor grafis untuk Microsoft Windows. Pada awalnya aplikasi ini bernama Corel. Namun pada Oktober 2004, Corel dibeli Jasc Software dan hak distribusi yang dimiliki untuk Paint Shop Pro. Aplikasi ini dapat dikatakan mirip dengan aplikasi Adobe Photoshop. Menu bar dan tool bar yang ada di aplikasi ini dapat dikatakan tidak berbeda jauh dengan tools dan menu bar yang ada di Photoshop.  

3. GIMP

GIMP adalah aplikasi perangkat lunak yang bisa kita dapatkan secara gratis. Aplikasi ini  digunakan untuk editing video. GIMP adalah singkatan dari (Gnu Image Manipulation Program). Aplikasi ini sering dibandingkan orang-orang dengan Adobe Photoshop seperti halnya Linux dengan Windows. Kita semua mengetahui jika Adobe Photoshop adalah aplikasi editing dengan biaya yang tinggi. Per hari ini, harga Adobe Photoshop CS6 di Indonesia dijual seharga Rp 7 juta rupiah. GIMP adalah alternatif aplikasi editing yang murah dengan kualitas yang baik.

Ketiga aplikasi edit foto di laptop di atas adalah aplikasi terbaik yang bisa anda coba. Berbagai macam keunggulan telah ditawarkan oleh masing-masing aplikasi. Anda hanya perlu memilih aplikasi mana yang bisa anda gunakan. Bagi anda yang tidak memiliki aplikasi edit di laptop, anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang sudah banyak sekali creator yang menciptakan aplikasi edit foto melalui gadget. Anda bisa lebih mudah melakukan proses editing kapanpun dan dimanapun. informasi mengenai aplikasi edit di handphone dapat anda lihat melalui URL

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *