Press "Enter" to skip to content

4 Aplikasi Root Tanpa PC yang Harus Kamu Ketahui

Membeli smartphone sekarang ini tentu harus jeli. Apalagi, jika smartphone yang kamu beli itu tidak berasal dari distributorresmi. Ini harus serba hati-hati. Salah-salah, smartphone kamu bisa cacat,entah karena penuh dengan aplikasi bawaan berbahasa asing, ataupun karena ada masalah dengan Google Play Store kamu yang tidak mau mendownload aplikasi karena ada ketidakcocokan server yang membuat paket aplikasi kamu tidak bekerja dengan baik. Jika sudah begini, pilihannya, kamu harus menghubungi distributor untuk klaim garansi tak resminya atau malah mengakali sendiri dengan cara root smartphone kamu itu.

Cara root ponsel sendiri dapat dikatakan sangat rumit. Untuk beberapa ponsel, kamu harus melakukan root dengan bantuan PC (personal computer) ataupun laptop. Sudahbegitu, kamu harus pasang copot smartphone kamu ke laptop dan menginstal aplikasi tertentu di laptop. Rumit bukan?

Akan tetapi, akhir-akhir ini, beberapa perusahaan aplikasi/developer mulai mencari solusi untuk mereka yang terjerat masalah seperti ini. Solusinya adalah membuat beberapa aplikasi yang dapat melakukan root smartphone tanpa ribet memakai PC atau laptop. Aplikasi apa saja itu?Berikut beberapa daftar aplikasi root tanpa PC.

  1. KingRoot

Dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk root pada ponsel Android, aplikasi ini bisa jadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalahmu seperti di atas. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didapatkan dari aplikasi root lain.Langkah untuk root menggunakan aplikasi ini pun mudah.

Pertama, kamu pasang aplikasi ini pada ponsel kamu. Kamu bisa mendownloadnya di Play Store ataupun lewat browser. Kemudian, setelah terpasang, kamu bisa langsung membuka aplikasi dan menekan pilihan “root”. Secara otomatis aplikasi ini akan melakukan proses root. Keunggulan dari KingRoot ini adalah aplikasinya dapat melakukan root berdasar kemauan kamu. Selain itu, aplikasi ini juga mudah digunakan. Akan tetapi, sayangnya, tidak semua ponsel kompatibel dengan aplikasi ini.

  • FramaRoot

Aplikasi FramaRoot ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Forum XDA. Aplikasi ini pun termasuk salah satu aplikasi root yang cukup mudah digunakan. Cara menggunakannya, kamucukup mendownloadnya, menginstallnya, kemudian memilih cara rooting yang ditawarkan.

Ada opsi Gandalf dan Aragorn. Para pengguna disarankan memilih Gandalf karena cenderung lebih mudah. Kamu tinggal klik, otomatis akan melakukan proses rooting sendiri.Setelah itu kamu tinggal restart Android kamu. Aplikasi ini kompatibel pada beberapa merek ponsel, seperti Sony, Samsung, Asus, Xiaomi, maupun Acer.

  • KingoRoot

Aplikasi KingoRoot ini memiliki dua versi, yakni Windows dan Android. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengatasi masalah ponselmu dengan root tanpa batuan PC. Kelebihandari aplikasi ini adalah aplikasi superUser khusus KingoRoot. Karena itu, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi SuperUser lain dari Play Store. Selain itu,aplikasi ini juga dapat mengontrol permintaan rooting sesuai dengan preferensi kamu.

  • Towelroot

Aplikasi Towelroot dirancang khusus untuk android versi Kitkat. Jadi bagi kamu yang ponselnya masih memakai android versi Kitkat, kamu pantas mencoba aplikasi ini. Tampilan yang ditawarkan aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Untuk memaksimalkan aplikasi ini kamu tidak boleh memasang antivirus apapun dalam ponsel kamu. Memang, risikonya adalah ponsel kamu mudah terkena virus.

Nah, itu tadi beberapa daftar aplikasi root tanpa PC yang mungkin bisa kamu jadikan referensi ketika kamu mengalami masalah seperti yang diutarakan di atas. Kamumungkin tidak perlu ambil pusing atau bahkan tidak perlu takut untuk membeli ponsel yang berasal dari distributor tidak resmi. Akan tetapi, kami pribadi tetap menyarankan untuk membeli ponsel dari distributor resmi. Sebab, ketika kamu sudah mulai root ponsel kamu, ada kemungkinan besar suatu ketika ponsel kamu bisa mudah terkena virus atau mengalami kerusakan karena ketidakstabilan sistem yang sudah diroot.

Referensi: https://review.bukalapak.com/techno/begini-cara-root-xiaomi-mi-a1-41854

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *