Press "Enter" to skip to content

Jenis Lumpia dan Resep Kulit Lumpia Basah Bandung

Hampir semua daerah di wilayah negara kita mempunya resep masakan spesial yang menjadi andalannya. Salah satu daerah yang terkenal dengan keanekan ragaman masakan dan jajanannya adalah Bandung. Selain cireng, cimol, cilok dan lainnya, kota yang mendapat julukan kota Kembang ini juga terkenal dengan kelezatan kue Lumpia Basah nya. Ya selain dari Bandung, Resep Lumpia Semarang yang di goreng sebenarnya juga enak dan lezat. Sebenarnya sih kedua resep lumpia tersebut hampir sama bahan bahan yang digunakan. Resep cara membuat lumpia dan resep kulit lumpianya juga hampir sama kok, cuma paling bedanya di cara pengolahan akhirnya dan variasi isinya yang bisa kita sesuaikan dengan favorit kita, seperti abon, sayuran dengan daging cincang, ayam ataupun telur rebus.

Anda juga bisa bagaimana cara buat kulit lumpia? Untuk itu sebaiknya memang kita belajar sendiri cara membuat kulit lumpianya. Tidak perlu khawatir kebanyakan, kulit lumpia yang kita buat nanti bisa di stok. Asal kulit tersebut ditaruh di freezer. Bisa tahan hampir 1 minggu atau sekitar 3 hari kalau ditaruh di kulkas. Jadi kalau kita lagi ingin membuat lumpia basah atau lumpia goreng, tinggal membuat bahan isi lumpianya. Lebih praktis bukan. Memang tidak semua yang dijual itu berbahaya, tetapi lebih baik kita lebih berhati-hati bukan. Disamping itu bisa lebih berhemat karena memang harga kulit lumpia yang bagus agak mahal dibandingkan yang dijual di penjual sayuran keliling. Mari kita simak beberapa jenis Lumpia dan resepnya:

  • Lumpia Semarang Isi

Kalau bicara mengenai cemilan ini memang selalu identik dengan kota Semarang di Jawa Tengah. Resep Lumpia Semarang memang sangat terkenal, bahkan sampai di luar pulau Jawa masih banyak yang mecarinya. Biasanya mereka membawa lumpia ini untuk oleh oleh lumpia buat keluarga di rumah.

  • Lumpia Goreng Rebung Khas Semarang

Oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan saat pergi ke Semarang salah satunya adalah lumpia rebungnya. Di Semarang memang pusatnya makanan rebung yang biasa dijadikan cemilan lezat asli Semarang.

  • Lumpia Basah Enak Khas Bandung

Selain goreng, kita juga bisa membuat resep lumpia semarang basah. lumpia basah ini mungkin pas sekali buat teman teman yang ingin menghindari gorengan.

Resep Lumpia Basah Bandung

Ada beberapa resep yang harus Anda perhatikan untuk membuat lumpia basah khas Bandung ini, marilah kita simak cara pembuatan dan bahan-bahannya:

Bahan-Bahan

  1. 2 Butir Telur ayam
  2. 90-100 Tepung beras
  3. 750 ml – 800ml air bersih
  4. Garam dapur
  5. Minyak sayur secukupnya

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah untuk adonananya yang ukurannya sedang
  2. Masukkan tepung terigu, garam dapur beryodium dan tepung berasnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  4. Tuang 750ml-800ml air bersihnya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk samai habis. Adonan harus benar benar tercampur rata tanpa ada gumpalan gumpalan tepung supaya hasil jadinya pas dan enak.
  5. Siapkan pengggorengan anti lengket atau teflon dan olesi dengan minyak sedikit saja.
  6. Ambil adonan kulit lumpia diatas secukupnya (kurang lebih sebanyak 1.5 sendok sayur aja) lalu tuang dan masak kulitnya sampai matang.
  7. Ulangi sampai semua adonan habis dan dimasak.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *