Press "Enter" to skip to content

Friends, Begini Cara Membuat Film Animasi yang Menarik!

Menjadi kreatif, bukan hanya sebagai kebutuhan pribadi saja. Namun, menjadi kreatif juga dapat membantu banyak orang dengan adanya karya karya kita yang bermanfaat dengan baik. Seperti halnya menjadi kreatif dalam pembuatan film animasi. Film animasi ini yang nantinya juga dapat di download seperti cara download film Indonesia. Tak hanya itu saja, pembuatan film animasi sendiri tentunya juga harus memperhatikan adanya norma norma atau hukum hukum yang ada dalam kehidupan sehari hari. Terlebih khususnya bagi penggarap film animasi anak yang selalu berfikir ekstra akan konten yang dibuatnya.

Sebelum mengetahui sedikit tips dan trik cara membuat film animasi, ada baiknya jika kita mengenal dahulu pengertian dari animasi. Animasi sendiri berasal dari bahasa lain, yaitu anima. Yang dapat pula diartikan secara harfiahnya adalah jiwa (soul), ataupun animare yang berarti sebagai nafas kehidupan. Dalam bahasa Inggrisnya, animasi ditulis dengan animated atau animate, yang berarti membawa kehidupan bergerak. Semua istilah itu muncul karena sebuah makna yang berarti penciptaan kehidupan ke dalam obyek yang tidak bernyawa atau benda mati lainnya.

Pada umumnya, penciptaan animasi ialah suatu proses dari menggambar dengan pemodifikasian gambar dari tiap tiap frame yang juga diekspos pada tenggang waktu tertentu, sehingga terciptalah sebuah ilusi atau gambar yang bergerak. Dengan kata lain, animasi ialah seni menghidupkan sebuah gambar. Sehingga, dalam pembuatan film animasi sendiri harus detail dan super kreatif untuk mengetahui karakter dari animasinya.

Mulai dari tampak depan hingga tampak belakang dan tampak samping. Hingga pada munculnya ekspresi sang tokoh animasi. Film animasi sendiri terdiri dari dua unsur, yaitu fotografi dan juga dunia gambar. Teknik pembuatan film animasi sendiri melibatkan suatu teknik yang mampu mengkomunikasikan suatu keadaan dengan teknik animasi. Hingga sekarang, teknik pembuatan film animasi pun sudah semakin berkembang.

Kita juga dapat mengetahui berbagai tips dan trik dari film animasi. Bila kamu juga inginkan cara membuat film animasi dengan durasi yang pendek, tak ada salahnya ikuti langkah langkah berikut ini:

Langkah yang pertama, adalah membuat papan cerita untuk film. Sebuah film tentunya tidak akan mampu berjalan tanpa adanya alur atau cerita yang dibuatnya. Begitupun denngan film animasi, tidak akan mampu mendapatkan karakter atau apapun bila tidak dibuat jalan ceritanya. Karakter karakter tokoh juga harus diidentifikasi secara jelas dan detail. Misalnya utuk tokoh antagonis, protagonis dan yang lainnya.

Langkah yang kedua, adalah menulis skenario untuk film. Tidak hanya harus memiliki papan cerita saja, namun skenario juga harus ditulis ketika akan membuat film animasi. Panjang skenario yang akan tergantung pada panjangnya durasi film yang akan direncanakan. Biasaya untuk film animasi singkat, kamu harus cukup menulis sekitar 40-50 halaman saja. Jangan lupa untuk menghidupkan karakter tokohnya melalui pengembangan dari ceritanya.

Langkah yang ketiga, rangkaian adegan yang dipecah. Tentunya akan sangat merepotkan bila kamu harus menulis skenario yang panjang menjadi sebuah film. Akan lebih ringkas dan juga baik jika dalam proses penulisan papan cerita dan skenario nya akan difokuskan pada adegan adegan tertentu saja. Sehingga penonton juga akan dibuat ikut memecahkan setiap adegan menjadi serangkaian slot.

Langkah yang keempat, perhatikan pula lokasi pengambilan gambar, atau shot. Apakah hanya dibutuhkan satu lokasi saja, atau membutuhkan beberapa lokasi yang lainnya?

Dengan itu, film animasi sudah siap dibuat. Namun, bila kamu bosan juga melihat film animasi, bisa lihat film jenis lainnya juga, lihat selengkapnya di sini.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *