Press "Enter" to skip to content

Begini Cara Membuat Animasi di Android

Memutar video atau film melaluiĀ  ponsel, saat ini, bukanlah hal yang langka lagi. Ponsel yang disebut smartphone sudah bisa melipat aktivitas apapun dalam keseharian kita ke dalam satu buah perangkat kecil yang disebut gawai tersebut. Bahkan, tidak hanya menonton video, kita bisa membuat dan edit video Android di smartphone atau gawai tersebut. Caranya tentu sangat mudah. Lebih mudah dibandingkan dengan edit video di laptop.

Kamu cukup download aplikasi yang tersedia pada Google Play Storeā€”untuk smartphone dengan sistem operasi Android. Setelah itu, kamu cukup jalankan aplikasi tersebut, mengambil video yang akan diedit, dan kamu siap berkreasi dan bereksplorasi dengan aplikasi pengedit video tersebut tentunya.

Aplikasi edit video android yang tersedia di Google Play Store pada ponsel Android kamu tentunya cukup banyak. Yang cukup populer, misalnya saja KineMaster, VidStitch, VivaVideo, VideoShow, Android Video Editor. Kelima aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang menarik dan bisa kita gunakan untuk membuat video yang kita rekam menjadi lebih berwarna dan berseni.

Meskipun sebenarnya aplikasi penggubah video pada ponsel Android kamu itu cukup kecil ukurannya dan cenderung mudah digunakan, fitur yang ditawarkan dan kemampuan aplikasinya jauh jika dibandingkan aplikasi edit video pro di komputer. Aplikasi-aplikasi seperti Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, Corel Video Studio, atau Ulead Studio, yang biasa digunakan untuk editing video di laptop atau komputer memiliki kemampuan dan fitur yang jauh lebih detail dan bagus. Tentunya, hasil yang diberikan pun akan lebih bagus dibanding dengan aplikasi video di ponsel Android.

Namun demikian, aplikasi edit video di ponsel Android tetap digemari dan tidak sepi peminat. Terlebih lagi, gawai yang satu ini juga menawarkan aplikasi yang dapat membuat dan mengedit video animasi. Membuat animasi di Android pun menjadi hal yang mungkin dilakukan.

Mau tau bagaimana cara membuat animasi di Android tersebut? Yuk, simak paparan berikut.

  1. Pertama, download dan buka aplikasi GIF Edit Maker Video. Mungkin aplikasi lain untuk membuat video animasi juga cukup banyak. Akan tetapi, untuk pemula, aplikasi ini adalah yang cukup mudah dan sederhana.
  2. Setelahnya kamu bisa klik ikon photos atau video. Tergantung file yang akan kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan gambar-gambar kartun tentunya.
  3. Kemudian, urutkan gambar-gambar tersebut. Lanjutkan dengan mengeklik panah yang ada di sebelah kanan.
  4. Kamu tentunya bisa mengedit lama tidaknya tampilan gambar bergerak tersebut dengan menekan durasi waktu di sebelah kanan ikon panah. Dalam tampilan ini kamu juga bisa mengedit beberapa gambar yang kamu ambil sebelum kemudian dirangkai menjadi gambar bergerak.
  5. Jika kamu ingin mengubah ukuran foto yang kamu input, kamu bisa menekan size skala foto di bagian kiri bawah tampilan. Edit kualitas gambar sesuai yang kamu inginkan. Jika sudah, kamu klik panah sebelah kanan untuk masuk tahap selanjutnya.
  6. Pada proses ini aplikasi akan memproses pembuatan animasi bergerak kamu. Kamu bisa menunggu hingga proses selesai.
  7. Ketika proses pembuatan (abort) selesai, hasil akan ditampilkan pada layar kamu. Di sini kamu bisa langsung meninjau editan animasi kamu, menghapus, atau bahkan membagikannya ke media sosial yang kamu kehendaki.

 

Nah, itulah paparan singkat mengenai cara membuat animasi di Android. Jika kamu tertarik untuk membuat video animasi di ponsel kamu, mungkin cara yang kami paparkan akan sangat membantu kamu. Tidak usah yang sulit, kamu akan merasakan keasyikan mulai dari membuat animasi gif yang sederhana dan lucu. Setelah itu, kamu bisa kembangkan lagi menjadi rentetan gambar bergerak yang asyik untuk ditonton.

Selamat berkarya!

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *