Press "Enter" to skip to content

Tips Agar Belanja Murah di Situs Jual Beli Online Makin Hemat

Saat ini, tren belanja online memang terus meningkat karena sifatnya yang lebih praktis dan hemat waktu. Tanpa harus mebuang waktu dan tenaga di jalanan, tanpa harus keluar masuk toko dan tak  perlu lagi ribet mencari barang. Belanja murah pun bisa dilakukan cukup dengan sentuhan saja.

Tips Agar Belanja Murah di Situs Jual Beli Online Makin Hemat

Barang yang dijual di online shop tak jarang malah lebih murah dibandingkan yang ada di outlet dan merchant lantaran penjual tidak mengeluarkan dana untuk sewa kios, bayar tagihan dan lain sebagainya. Hanya ongkos kirim yang dibebankan pada pembeli. Inilah yang memungkinkan belanja murah bisa semakin hemat dengan menggunakan trik tertentu. Berikut tipsnya;

  1. Lakukan Riset

Belanja murah tentu saja harga barang yang dibeli juga rendah. maka dari itu lakukan pencarian, analisa dan perbandingan produk pilihan pada beberapa marketplace yang ada. Karena marketplace di Indonesia sendiri juga cukup banyak, wajar jika Anda meneliti dan membandingkan mana yang harganya paling murah berikut ongkir ke lokasi Anda.

Selain perbandingan harga, pertimbangkan pula kualitas produk dengan cara membaca detil spesifikasi produk. Tanyakan jika ada yang kurang jelas dan tunggu respon penjual. Pastikan juga Anda membaca testimoni pembeli lain untuk produk yang akan Anda beli itu.

  1. Manfaatkan Langganan Newsletter

Umumnya toko maupun penjual online akan menawarkan diskon spesial untuk pelanggan baru. Agar diskon tersebut diketahui, maka info tentang promo dan diskon pun harus dibagikan salah satunya dengan kiriman newsletter ke email calon pelanggan. Pastikan Anda berlangganan newsletter dari penjual untuk mengetahui setiap diskon yang mungkin ditawarakan  secara rutin ini.

  1. Membuat Daftar Belanjaan

Sebelum mulai browsing dagangan milik suatu toko online, sebaiknya Anda sudah mempunyai daftar barang apa saja yang akan dibeli agar belanja murah Anda bisa tepat dan efisien. Anda tak akan buang-buang kuota dan waktu untuk melihat barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Atau bisa-bisa Anda justru membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuh dan mengakibatkan pemborosan.

  1. Metode Pembayaran

Pastikan Anda hanya transfer sesuai ketentuan yang ada di marketplace tanpa ada biaya-biaya yang tidak jelas. Biasanya soal kemanan pembayaran, tiap marketplace memiliki kebijakan sendiri yang bisa Anda pelajari

Baca juga: Tips Agar Bisa Belanja Murah untuk Kebutuhan Rumah Tangga

  1. Ongkir

Belanja murah Anda biasanya akan terbebani oleh ongkos kirim (ongkir) yang bisa saja sangat mahal jika jarak kirim jauh meskipun barang belanjaan Anda ringan dan kecil sekalipun. Mengakalinya, Anda bisa memilih sebuah toko atau penjual yang menyediakan banyak kategori barang karena Anda bisa membeli lebih banyak barang dengan ongkir yang masih 1 hitungan. Anda juga bisa membagi ongkir bersama teman yang juga ingin membeli barang di toko online pilihan Anda tersebut.

  1. Promo

Tak jarang marketplace memberikan promo gratis ongkir, voucher, potongan harga untuk kriteria produk tertentu  dan lain sebagainya. Selain itu, banyak pula brand ternama yang berani menerapkan diskon berani untuk dagangan mereka.  Manfaatkanlah kesempatan ini.

Beberapa trik di atas bisa dijadikan sebagai kebiasaan hemat yang menghindarkan Anda dari overbudget alias pemborosan. Namun yang perlu diingat adalah tetap cermat dan berhati-hati dalam memilih seller karena meskipun marketplace tersebut tergolong kredibel, nyatanya masih ada saja oknum nakal yang menawarkan belanja murah namun berujung pada penipuan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *