Press "Enter" to skip to content

Hobi Selfie Dan Eksis Masa Kini Membuat Kamera yang Dapat Terbang Jadi Laris Manis!

Pernahkah Anda mendengar kata drone? Ya, teknologi yang tengah popular saat ini tersebut berdasarkan hasil telusur dari Wikipedia, merupakan Pesawat tanpa awak atau pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV). Tak hanya di dunia, drone atau bisa disebut sebagai kamera yang dapat terbang, kini menjadi barang yang paling dicari di pasaran Indonesia. Salah satu pemicu berkembangnya pasar barang ini adalah kegemaran masyarakat dalam melakukan selfie dan kebutuhan untuk selalu eksis di media sosial. Drone merupakan pesawat tanpa awak atau mesin terbang yang memiliki fungsi kendali jarak jauh oleh pilot. Dalam sejarah awalnya, Drone banyak digunakan untuk kepentingan militer, namun sekarang semua jenis kalangan bisa merasakan manfaatnya. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya harga drone murah yang dijual di pasaran.

Sebelum membeli drone murah, anda harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, Anda harus memilih berdasarkan waktu yang diperlukan hingga terbiasa menggunakannya. Jika masih pemula, sebaiknya memilih drone yang berukuran kecil, cari yang bisa diterbangkan di dalam ruangan untuk latihan hingga terbiasa menerbangkannya. Kedua, Anda harus melihat lamanya sebuah drone terbang. Sebenarnya, jangka waktu drone untuk terbang ditentukan oleh kapasitas baterainya. Meskipun demikian, efisiensi dari drone juga harus Anda pertimbangkan. Anda juga harus ingat bahwa kemampuan untuk dapat terbang secara terus menerus ditentukan oleh kemampuan drone tersebut. Satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus memastikan jenis baterai kamera yang dapat terbang tersebut dijual di pasaran atau tidak. Selain itu, Anda juga harus bisa memilih berdasarkan tujuan pemakaiannya dan berdasarkan budget yang bisa digunakan.

Drone yang banyak bermunculan sekarang ini dilengkapi dengan kamera HD untuk menangkap gambar atau video objek dengan maksimal. Ada banyak fungsi dari drone yang masing-masingnya tergantung tujuan pembuatannya. Mulai dari kebutuhan militer, pemancar internet, penelitian, fotografi, pembuatan film/video, pertanian, sampai kebutuhan hobi. Berdasarkan fungsinya, jenis drone adalah sebagai berikut:

Pertama Drone untuk tujuan permainan atau hobi. Drone jenis ini hanya digunakan untuk mainan atau hobi saja. Tidak semuanya menggunakan kamera, walaupun ada mungkin hanya dilengkapi dengan kamera berkualitas seadanya. Untuk kelas pemula ini, Parrot adalah satu brand yang bisa dipilih.

Kedua, Drone untuk tujuan konsumer. Drone pada kelas ini diproduksi untuk kebutuhan hobi fotografi. Sudah pasti kalo drone ini dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi karena bertujuan untuk mengambil gambar foto dan juga merekam video.

Ketiga, Drone untuk tujuan profesional. Kalau yang satu ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan drone untuk tujuan konsumer. Perbedaannya ada pada sisi kualitas kamera yang tertanam pada drone, jangkauan terbang, dan kapasitas muatan. Hal ini yang membuatnya lebih menjadi superior dibanding drone konsumer.

Keempat, Drone untuk tujuan penelitian. Fungsi utama dari drone ini adalah melakukan survei, pemetaan, atau kebutuhan akademis. Untuk jenis ini Indonesia memiliki beberapa drone, salah satunya adalah LSU 02 produksi Lapan.

Kelima, Drone untuk tujuan Internet. Jenis ini adalah jenis yang paling ditunggu arena alasan diciptakannya adalah untuk membantu penetrasi sambungan internet yang belum tersentuh jaringan internet umum. Facebook adalah salah satu pengembang yang drone internet ini. Kita tunggu saja waktu operasinya ya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *