Press "Enter" to skip to content

Lakukan 4 Tips Aman Berikut Saat Berinvestasi di Koperasi

Layanan yang disediakan oleh koperasi tentu tak sekedar simpan dan pinjam saja, sebab disini Anda juga bisa membeli produk investasi. Banyak lembaga keuangan jenis ini yang menyediakan layanan investasi dengan kebijakan yang menarik dan menguntungkan. Berinvestasi tentu menjadi langkah terbaik memanfaatkan pundi-pundi yang berlebih di masa sekarang untuk memberi manfaat di masa mendatang. Beberapa jenis investasi ini memberikan keuntungan jangka pendek ada pula yang memberi keuntungan jangka panjang, bisa disesuaikan dengan kondisi dan juga kebutuhan.

Lakukan 4 Tips Aman Berikut Saat Berinvestasi di Koperasi
Lakukan 4 Tips Aman Berikut Saat Berinvestasi di Koperasi

Tips Aman Berinvestasi di Lembaga Keuangan Satu Ini

Lembaga keuangan jenis ini sudah dikenal luas masyarakat sejak lama, hanya saja untuk berinvestasi di dalamnya memang musti teliti agar tidak tertipu. Maka untuk yang tertarik menjajal layanan investasi ini bisa menyimak beberapa tips aman berikut:

  • Mencari lembaga keuangan kredibel,

Lembaga keuangan jenis ini sangat banyak dan masing-masing punya produk investasi unggulan. Supaya terjamin aman lakukan investasi di lembaga keuangan yang sudah punya izin, semakin lama lembaga tersebut beroperasi maka semakin terjamin. Terlebih jika sudah dilindungi oleh LPS dijamin sudah sesuai peraturan dari OJK, dana investasi pun dijamin aman dan menguntungkan.

  • Suku bunga yang ditawarkan normal,

Memperhatikan detail kebijakan investasi di salah satu koperasi yang Anda pilih sangat penting, dan paling gampang adalah melalui suku bunganya. Suku bunga investasi memang jauh lebih tinggi ketimbang dengan suku bunga tabungan bahkan untuk jenis deposito sekalipun. Namun besarnya bunga ini tentu ada aturannya yakni ada batas maksimal sesuai ketetapan dari BI yang kemudian disosialisasikan oleh OJK. Hindari tergiur investasi dengan bunga terlalu tinggi karena besar kemungkinan menjadi investasi bodong.

  • Mengecek testimoni nasabah lain,

Lembaga keuangan jenis ini dijamin punya nasabah yang lumayan, apalagi jika kantor cabangnya sudah lumayan banyak. Testimoni dari nasabah tentu bisa menjadi sumber pertimbangan apakah hendak berinvestasi disana atau di tempat lain. Apabila banyak nasabah mengungkapkan kepuasannya memakai layanan di lembaga keuangan tersebut maka tak ada salahnya mencoba mengikuti jejak mereka. Pastikan testimoni dan ulasan ini valid bukan hasil rekayasa, Anda bisa menemukan yang valid di forum online.

  • Perhitungkan jumlah dana yang diinvestasikan,

Setelah membaca ketentuan dari investasi yang disediakan lembaga keuangan satu ini bisa jadi Anda gelap mata, sebab sudah tergiur duluan dengan bunga yang tinggi. Rupanya dengan bunga tinggi inilah sebuah lembaga keuangan bisa mendorong nasabahnya untuk berinvestasi dalam jumlah lebih besar. Ketika rugi dan gagal maka besar kemungkinan dana yang ditanamkan ikut raib, maka perlu memperhatikan kasus semacam ini. Usahakan ketika berinvestasi di koperasi untuk mencoba dulu menanamkan dana dalam jumlah terbatas, lakukan sampai 3 periode jika terbukti aman bisa meningkatkan jumlah investasinya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *