Press "Enter" to skip to content

Strategi Sederhana untuk Memulai Bisnis Online Shop

Saat ini berjualan online sudah semakin mudah dan menyenangkan tanpa perlu repot sewa ruko dan anggaran operasional dan lain sebagainya. Lewat binis online shop, Anda bisa meraup keuntungan menggiurkan cukup dari rumah saja.

Strategi Sederhana untuk Memulai Bisnis Online Shop

Jika Anda tak punya modal untuk stok dagangan, masih adaopsi sebagai reseller ataupun dropshipper sebagai alternatif online shop Anda. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, memudahkan penjual pembeli dalam berinteraksi satu sama lain.

Akan tetapi, meskipun usaha online shop ini terkesan mudah dan menguntungkan, tanpa perencanaan yang matang seorang penjual hanya akan menghabiskan waktu, pikiran dan tenaga sia-sia. Maka dari itu, perlu strategi khusus agar jualan online Anda sukses, diantaranya;

Menentukan Target Pasar

Setelah menganalisa, Anda akan menyadari bahwa pasar sudah terpilah-pilah menjadi berbagai kumpulan. Mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tipa kumpulan ini memerlukan kejelian Anda. Ketika Anda tepat sasaran, maka strategi online shop pun lebih mudah disusun.

Pengelolaan Konten

Online shop yang dikombinasikan dengan konten yang mengedukasi semakin menjadi tren belakangan ini dimana Anda sebagai penjual harus bisa mengelola konten di blog dengan baik. Blog sendiri haruslah dapat membantu dan menyentuh pelanggan melalui apa yang mereka pikirkan, rasakan dan tanyakan terkait dagangan Anda.

Kontent lain juga terletak di marketing social media dimana Anda membagikan informasi yang memang diperlukan oleh pelanggan. Anda pun harus mudah dijangkau pelanggan dan memberikan solusi. Solusi ini akhirnya mengarah ke produk jualan Anda.

Pengalaman Pengguna

Usahakan agar pengunjung online shop, website ataupun blog Anda mudah mendapatkan apa yag mereka inginkan. Misalnya kemudahan untuk mencari barang, mendapatkan informasi terkait spesifikasi dan fitur produk, mencari perbandingan dengan produk lain.

Selain itu, hindari tampilan yang terlalu rumit. Anda bisa memposisikan diri sebagai pembeli dan melihat bagaimana performa tampilan website dan toko online Anda. Sudahkah fungsional dan efisien? Optimalkan pula fitur calls to action yang tersedia.

Mailing List

Meskipun orientasi dari jualan online Anda adalah keuntungan, namun untuk jangka panjang, suatu penawaran produk sebaiknya terus dilakukan secara berkala. Membangun hubungan dengan pelanggan ternyata tak selalu melalui transaksi saja. Anda juga bisa menawarkan solusi atas permasalahan yang dikeluhkan pelanggan tanpa harus selalu menawarkan dagangan.

Baca juga: Aman Belanja di Online Shop dengan Tips Berikut Ini!

Kerja Tim

Tak jarang Anda sebagai penjual menemui pembeli yang situasinya bisa saja tak terduga. Disinilah perlunya kerja tim yang solid dan saling bekerja sama. Bekerja sendiri akan membuat Anda lebih rentan mengambil keputusan yang kurang tepat.

Itulah tadi beberapa strategi sederhana agar online shop Anda semakin berkembang. Anda juga bisa menawarkan sampel secara cuma-cuma untuk mendapat feedback, mensponsori acara yang relevan atau membagikan press release untuk meningkatkan eksistensi di pasar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *