Press "Enter" to skip to content

Pilihan Investasi Jangka Pendek Terbaik Saat Ini

Menanam modal saat ini banyak menjadi pilihan lantaran dirasa lebih menjanjikan daripada sekadar mengharap bunga dari menabung. Berinvestasi sendiri, dalam keuangan, adalah suatu langkah yang lazim diambil, utamanya bagi mereka yang sudah paham benar dengan baik cara pengelolaan keuangan. Berdasar durasinya, investasi dibedakan menjadi 2 yaitu investasi jangka pendek, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang.

Pilihan Investasi Jangka Pendek Terbaik Saat Ini

Investasi jangka panjang umumnya dilakukan hingga 10 tahun lebih, sementara investasi jangka pendek biasanya hanya dilakukan selama 1 bulan sampai 1 tahun saja. Umumnya investasi dalam jangka pendek mudah untuk dicairkan. Dengan durasi yang singkat, maka menentukan jenis investasi yang tak akan mengalami perubahan harga signifikan merupakan hal yang sangat penting untuk menekan peluang kerugian.

Cukup banyak pilihan investasi jangka pendek, dimana beberapa diantaranya sangat mudah diakses. Namun demikian, Anda juga harus selektif untuk mendapatkan peluang keuntungan yang maksimal.

  1.  Deposito

Jaminan dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) serta tingkat risiko yang relatif kecil menjadikan deposito tetap diminati sampai sekarang. Para investor yang tak mau mengambil risiko tinggi dalam investasi umumnya akan memilih deposito.

Menawarkan suku bunga antara 4-8 persen per anum (belum pajak) dan periode investasi yang bervariasi, deposito bisa dijadikan pilihan tepat sebagai investasi jangka pendek.

  1. P2P Lending

Investasi Peer to Peer (P2P) Lending menjadi salah satu opsi investasi jangka pendek yang cukup populer lantaran dianggap lebih praktis serta memiliki basis online. Pada dasarnya, opsi ini bergerak dalam aktifitas pinjam-meminjam yang mempertemukan pemberi pinjaman dan peminjam dimana platform hanya bertugas sebagai perantara saja.

P2P Lending tidak dinaungi oleh lembaga keuangan pemerintah dimana aktifitas investasinya tidak dijamin LPS. Maka dari itu, risiko pada investasi P2P Lending menjadi tanggung jawab investor sendiri.

Yang membuatnya tetap diminati adalah besaran imbal hasil yang tinggi sehingga investor tetap mempertimbangkannya sebagai investasi jangka pendek mereka. Jika investasi tabungan ataupun deposito menawarkan hasilnya yang di bawah 10%, maka rata-rata investasi bersama P2P Lending menjanjikan imbal hasil sampai 15%.

  1.  Investasi RDPU

Investasi Reksa Dana Pasar Uang ini dinilai praktis dan banyak dipilih dengan pengelolaan instrumen yang tergolong sederhana dan dapat dilakukan oleh investor sendiri. Reksa dana termasuk instrumen investasi yang tak kena pajak, walau kemungkinan besar dikenai fee untuk penjualan unit.

Rata-rata hasil yang bisa didapat dari investasi ada di kisaran 8,27% membuatnya sangat layak untuk diperhitungkan sebagai opsi investasi jangka pendek.

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Yang tak kalah penting dalam investasi adalah memahami dan memilih manakah yang terbaik. Hal ini karena instrumen investasi jangka pendek saat ini sudah semakin banyak dan mudah diakses. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui akan resiko yang juga mengikuti.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *