Press "Enter" to skip to content

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Membuat Website untuk Keperluan Bisnis

Memiliki sebuah bisnis sendiri yang dibangun dari nol adalah impian banyak pengusaha muda terutama dalam bidang penjualan. Kini hal tersebut menjadi lebih mudah dengan besarnya peluang berjualan secara online di dunia maya. Banyak toko online yang kini meraih keuntungan lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki toko offline di dunia nyata. Ada banyak platform yang bisa digunakan dari yang berbayar maupun platform gratisan. Goal yang paling besar bagi pemilik usaha penjualan online adalah membuat website resmi toko untuk memperkenalkan brand yang Anda usung tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Membuat Website untuk Keperluan Bisnis

Memiliki website resmi dengan tampilan lengkap merupakan impian semua pemilik toko online. Dengan website berbayar yang memiliki menu lengkap, Anda bisa mengandalkannya untuk melakukan promosi serta transaksi penjualan secara otomatis. Dengan begitu Anda tak perlu selalu melihat gadget untuk melayani customer Anda. Akan tetapi, untuk memiliki website, Anda juga harus mengerti konsekuensinya yaitu membayar domain dan hosting yang perlu Anda lakukan secara berkala selama memiliki nama website tersebut. Karenanya, sebelum mengambil keputusan untuk membuat sebuah website sendiri, ada beberapa point yang sebaiknya Anda perhitungkan terlebih dahulu yaitu:

  • Margin keuntungan.

Seperti dikatakan tadi bahwa membuat website juga memerlukan biaya untuk menyewa hosting dan domain. Meski hal tersebut akan menjadi modal Anda untuk melakukan promosi namun Anda juga perlu mengkalkulasi margin keuntungan yang selama ini sudah terjadi. Jika Anda biasa menggunakan platform gratis untuk melakukan penjualan dan sudah memiliki margin keuntungan besar maka Anda bisa melihat website sebagai sebuah peluang untuk melebarkan usaha. Namun jika keuntungan yang diperoleh masih relative kecil sebaiknya meningkatkan nama brand terlebih dahulu dengan menggunakan cara-cara gratisan.

Baca juga: Membuat Website Untuk Situs Jualan Online

  • Produk.

Untuk membuat yang besar, Anda juga perlu menjual produk yang besar dimana banyak orang memerlukannya. Dengan begitu website Anda akan dilirik oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Selain itu Anda juga bisa menjual barang unik yang susah ditemukan di dunia nyata.

  • Sumber daya manusia.

Memiliki website namun tak memiliki sumber daya untuk mengolahnya akan percuma saja karena nantinya website Anda akan membosankan karena tak ada hal baru yang ditampilkan. Untuk itu persiapkan terlebih dahulu sumber daya manusia yang akan menjadi website administrator sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan website.

Dengan memperhatikan point di atas terlebih dahulu, Anda akan bisa menentukan apakah dengan membuat website akan mendapatkan profit yang bisa lebih tinggi dari sebelumnya dan apakah Anda sudah siap untuk memiliki website. Jika jawabannya positif, maka Anda bisa mulai mengembangkan website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website yang saat ini sudah banyak ditemukan sebagai bisnis tersendiri.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *