Press "Enter" to skip to content

Ini Dia Top Listing Hackers di Dunia yang Harus Anda Ketahui

Di era modern seperti sekarang ini, semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan perangkat komputer. Apalagi kini sudah ada jaringan internet yang bisa menghubungkan antara gadget sehingga bisa membagi informasi dengan cepat dan mudah. Namun ada kelebihan dan kemudahan, ada juga sisi lain dari dunia komputer yang dapat bermakna negatif. Dalam dunia komputer, dikenal yang namanya peretas atau hackers dimana banyak kasus menyebutkan peretas bisa mengakibatkan kerusakan atau hal yang negatif untuk sebuah sistem yang sudah ada. Namun ternyata tak semua peretas memiliki maksud untuk merusak karena ada juga peretas yang memiliki maksud baik dan melakukannya tanpa merusak sistem.

 Ini Dia Top Listing Hackers di Dunia yang Harus Anda Ketahui

Ada dua macam peretas yang dikenal dalam dunia komputer yaitu:

  • Hacker atau white hat.

Yaitu peretas yang tak memiliki keinginan untuk merusak sebuah sistem yang sudah ada. Mereka hanya mempelajari dengan maksud untuk menemukan sistem yang lebih baik dan kadang kala menemukan apa yang menjadi kelemahan dari sistem yang sudah ada tersebut untuk diperbaiki.

  • Crackers atau black hat.

Adalah peretas yang menyebabkan kerugian pihak lain seperti contohnya membuat sistem tandingan untuk menipu, mengganti tampilan website untuk menyampaikan isu dan lain sebagainya. 

Sekarang ini sudah banyak nama-nama hackers yang dikenal paling jago di seluruh dunia. Berikut ini adalah sebagian namanya, dan kasus peretasan yang pernah dilakukan:

  • Jonathan James.

Merupakan peretas muda dimana ketika ia berusia 16 tahun sudah bisa meretas sistem di sekolahnya Florida. Beranjak dewasa, ia meretas berbagai departemen negara Amerika seperti departemen ketahanan, NASA hingga membuat NASA mematikan sistemnya selama 3 minggu dan menyebabkan kerugian ratusan juta rupiah.

  • Adrian Lamo.

Nama Adrian Lamo menjadi terkenal saat ia mulai meretas search engine terkemuka dunia. Saat berhasil ditangkap, ia mengklaim bahwa tindakannya hanya dilakukan untuk menunjukkan kelemahan sistem search enginee tersebut. Namun atas tindakannya itu ia dijebloskan ke penjara selama 6 bulan dan harus membayar denda dengan jumlah cukup besar.

  • Kevin Mitnick.

Dari list ini, nama Kevin Mitnick bisa menjadi yang paling kelam sejarahnya sebagai peretas. Ia pernah meretas ponsel presiden Obama saat menjabat presiden USA. Selain itu ia juga berhasil menerobos sistem keamanan Pentagon dan mengubah sistemnya. 

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Beberapa top listing hackers di atas memiliki kemampuan komputerisasi yang sangat tinggi sehingga bisa memanipulasi sistem yang sudah baku dan tertutup. Meski tampaknya negative, namun sebenarnya ilmu yang dimiliki juga bisa digunakan untuk sesuatu yang positif seperti membuat sistem bersama yang lebih kuat atau menunjukkan kelemahan sistem tertentu sehingga bisa diperbaiki. Indonesia sendiri juga memiliki nama-nama peretas handal yang pernah membuat kaget dunia internasional.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *