Press "Enter" to skip to content

Hackers Penjahat dan Hacker Pahlawan

Hackers atau yang biasa disebut peretas , adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, dan menerobos masuk ke sebuah jaringan komputer untuk mencari sebuah keuntungan, tujuan tertentu atau hanya untuk sebagai tantangan. Adanya hacker bermula sejak tahun 60 an yang diciptakan oleh mahasiswa  MIT yang dikagumi sebagai orang yang ahli komputer , namun selanjutnya pada tahun 80 an ditemukan hacker yang melakukan pembobolan 60 komputer oleh FBI asal AS.

Hackers Penjahat dan Hacker Pahlawan

Dari sinilah hacker memiliki makna ganda dengan konotasi baik dan buruk sekaligus, terkadang menjadi penjahat tak jarang juga sebagai pahlawan. Ini termasuk akibat dari masyarakat yang memiliki presepesi keliru, seseorang yang melakukan pengubahan tampilan depan / defacing, menyisipkan kode – kode virus, atau mencuri data sebuah perusahaan ini disebuat sebagai Cracker, crackerlah yang menyusup ke sebuah perangkat lunak untuk merusak sebuah sistem. Ada 2 kategori peretas, yakni hacker yang berkonotasi baik atau biasa disebut white hat hackers dan hacker penjahat yang biasa disebut black hat hackers.

Hackers melakukan aksi heroik nya dengan gambaran seperti berikut, mereka melakukan footprinting, mencari serpihan informasi yang tersebar dimanapun, kemudian di cari di whois atau dns one transfer, lalu melakukan scanning untuk mencari pintu masuk yang paling mungkin bisa diterobos dengan menggunakan ping sweep dan port scan, dan mencari aplikasi yang memiliki proteksi lemah dengan menggunakan network resource and share.

Selanjutnya anda bisa merampas kata sandi dengan menebak kata sandi dan melakukan butter overflow, begitu kontol penuh diperoleh seorang hacker mereka melakukan convering tracks dengan menutup jejak dan membersihkan network log dengan file streaming. Setelah masuk hacker juga tak lupa membuat pintu belakang agar bisa masuk lagi lain waktu, biasanya mereka menambahkan servis pengendali jarak jauh dengan membuat akun palsu. Begitulah mereka melakukan peretasan, lucunya lagi para peretas memiliki tingkatan – tingkatan dari pemula hingga yang sudah professional.

Hackers pahlawan biasanya melakukan penghapusan situs – situs penyerang dengan menjebak penggunanya dan memperkuat kembali sistem anti virus bawaan, ada 2 tipe dalam good hacker ini diantaranya mereka tim agresor sebagai tim merah, dan tim pertahanan sebagai tim biru, hal ini dilakukan oleh perusahaan facebook dan multiply. Biasanya good hacker memiliki nama samaran seperti COOL, SIX_WINGED_ANGEL, / _i_c_u_s, / LIGHT_WING dsb.

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Sedangkan hackers penjahat melakukan penorobosan kedalam suatu situs untuk memperoleh akses kontrol pada suatu administratif. Ada beberapa tipikal craker diantaranya ada cyberterrorism  yang mengeksekusi pada kasus politik dan ideologi, melakukan pencurian password, dan menanamkan berbagi virus komputer hingga menyebar ke sel hidup. Beberapa tokoh yang masuk dalam list craker adalah Kevin Mitnick, Michal Zalewski, gary McKinnon, sedangkan tokoh Indonesia yang pernah melakukan aktivitas hack adalah Jim Geovedi, Dani Firmansyah, Yayan, Sultan Haikal, Erza Julian dan Yogi Nugraha.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *