Press "Enter" to skip to content

Cara Membedakan Situs Penipuan yang Menawarkan Produk di Dunia Maya

Seiring dengan berkembangnya dunia komputer dan internet, kini banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus bertemu langsung atau mengerjakannya secara langsung. Salah satunya adalah untuk melakukan jual beli, dimana sekarang ini jual beli secara online justru lebih diminati dan memberi banyak keuntungan dibandingkan penjualan offline. Akan tetapi, karena penjual dan pembeli tak bertemu secara langsung, dank arena produk yang dijual juga tak dilihat secara langsung, ada kemungkinan terjadinya penipuan khususnya dari pihak penjual kepada calon pembeli. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya situs penipuan yang beredar di internet dimana situs tersebut mirip dengan situs aslinya.

 Cara Membedakan Situs Penipuan yang Menawarkan Produk di Dunia Maya

Situs palsu kerap menjaring korbannya melalui penjualan produk fiktif. Modusnya adalah dengan menjual barang branded dengan harga yang lebih murah dan mengarahkan pembeli untuk mentransfer sejumlah uang sebagai harga belinya. Akan tetapi, ketika pembeli sudah melakukan transfer, taka da pengiriman barang yang dilakukan. Meski kini para pembeli online sudah semakin pintar, namun kasus tersebut masih kerap terjadi dengan korban-korban baru. Bagi Anda yang ingin memulai membeli secara online, namun tak ingin terjebak pada penipuan di dunia maya, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu ciri dari situs penipuan seperti di bawah ini:

  •  Menggunakan domain gratisan.

Selalu perhatikan domain penyedia produk ketika Anda akan membeli produk secara online. Sebisa mungkin jangan membeli barang dari domain gratisan jika Anda ingin memperkecil resiko penipuan. Sebaiknya membeli langsung dari marketplace terpercaya atau membeli dari website resminya yang menggunakan domain berbayar.

  • Tak menyediakan kolom feedback atau komentar.

Selain berbentuk situs, ada juga platform media social yang digunakan untuk menipu. Cirinya adalah dengan menutup kolom komentar sehingga orang luar tak bisa memberikan feedback, pertanyaan dan komentar di postingannya.

  • Tak memiliki testimoni atau testimoni palsu.

Testimoni tak selalu menjadi pertanda sebuah situs penjualan laris manis. Testimoni bisa dibuat atau di rencana kemudian diposting secara acak. Anda harus bisa membedakan testimoni asli yang dilengkapi dengan bukti pengiriman barang dan bukan hanya melihat dari chat yang dipublikasikan.

  • Alamat asli.

Meski beroperasi di dunia maya, namun sebuah situs penjualan resmi ada baiknya mencantumkan alamat real yang bisa digunakan untuk melacak pengiriman. 

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Itulah beberapa point yang perlu Anda selidiki terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pembelian melalui penjualan online. Semakin canggih dunia komputer dan internet, maka modus yang digunakan oleh situs penipuan juga semakin canggih. Anda perlu lebih canggih dari mereka dengan rajin membaca berbagai informasi seputar dunia komputer dan internet untuk menambah wawasan dan mengantisipasi ketika akan melakukan penjualan ataupun pembelian di dunia maya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *