Press "Enter" to skip to content

Kenali Situs Penipuan yang Beredar di Internet

Situs penipuan marak sekali beredar didunia maya , baik dalam forum chat maupun forum jual beli. Banyak sekali berbagai pihak yang tidak bertangunggung jawab menyalahgunakan website, padahal website sendiri aternatif yang memberikan banyak manfaat untuk berbagai pihak. Ini menunjukkan bahwa semakin berkembangnya zaman semakin canggih pula orang – orang dalam melakukan kejahatan.

Kenali Situs Penipuan yang Beredar di Internet

Mereka yang aktif  berjibaku pada situs penipuan memiliki berbagai tujuan untuk memperoleh keuntungan secara sepihak, seperti mencuri uang, mencuri data pribadi hingga mempengaruhi ideologi seseorang. Mereka melakukan penipuan biasanya dengan memberi embel – embel fakta, data, tokoh, hal mistis dan lain sebagainya. Hal – hal tersebut memang benar adanya, maka dari itu banyak situs penipuan yang mengatasnamakan dirinya sebagai forum resmi, dengan membuat tampilan websitenya persis dengan tampilan website akun asli yang terpercaya.

Situs penipuan bukanlah menjadi hal yang baru lagi di kancah teknologi dan informasi di Indonesia, jauh sebelum berkembang di dunia internet sudah banyak penipuan yang beredar melalui situs SMS. Dan sekarang banyak menghiasi layar tampilan ponsel, apalagi bagi kalian yang  sering berselancar di internet, pasti banyak promo–promo yang bertebaran di dinding ponsel kamu.

Hati–hati dalam mensikapi iklan dan informasi, biar gak kena tipu yuk kenali perbedaan website asli dan yang abal abal terlebih dahulu. Untuk membedakan website asi atau tidak, teliti dahulu nama websitenya, karena banyak pelaku penipuan yang memanfaatkan typo sebagai akibat kurangnya peneliti pengguna, seperti situs klikbca diubah menjadi klikbca dan facebook menjadi faceboook.

Selanjutnya cek nama domainnya, karena situs penipuan biasanya memanfaatkan situs domain gratis dari .net atau .com untuk menghemat biaya SIUP, akta atau NPWP. Namun perlu diwaspadai juga kalau website berbayar belum tentu asli, seperti mereka yang menawarkan pinjaman uang secara online dengan syarat yang tidak jelas.

Situs penipuan bisa dikenali lagi melalui root domain yang menghantarkan kamu kepada situs yang berisi iklan – iklan nggak jelas. Selain itu telitilah alamat website menggunakan protokol HTTP atau HTTPS, karena tanda S ini berartikan Secure yang berarti dijamin kemanannya, jika kalian masuk pada konten berhadiah dan diharuskan log dengan menggunakan informasi pribadi lihat dulu protokolnya, karena sudah dapat dipastikan data anda tidak akan terlindungi dengan aman.

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah website yang asli memiliki footer berupa logo atau link yang mengacu pada keamanan website. Untuk lebih meyakinkan situs web anda bisa mengeceknya langsung di tool Whois yang akan memberikan informasi mengenai pengelola dibalik sebuah domain, atau bisa ngecek di pse.kominfo.go.id yang memberikan informasi mengenai situs resmi yang ada di Indonesia, dan untuk kalian yang ingin cek keaslian toko online kalian bisa memastikannya di PolisiOnline.com .

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *