Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Toko Online bagi Pebisnis Pemula

Toko online adalah salah satu sarana dan prasarana dalam mengembangkan bisnis industri di ranah global pada era globalisasi ini, dengan adanya toko online memudahkan kita untuk mempromosikan segala bentuk produk barang atau jasa yang kita perjualbelikan dengan lebih menghemat tenaga, waktu serta biaya. Dengan adanya toko online penjual tidak memperlukan toko bangunan fisik untuk tempat atau lapak penjualan.

Selain itu data juga menunjukkan saking banyaknya pengguna gadget di Indonesia menjadikan para masyarakat lebih memilih belanja secara online daripada secara konvensional, menurut mereka berbelanja online lebih mudah, lebih efektif serta lebih efisien. Dari data tersebut lah kesempatan produk akan terjual lebih cepat jika dipromosikan melalui toko online. Anda juga harus mengetahui beberpa hal yang diperlukan untuk membuat toko online. Hal yang paling dasar adalah domain dan hosting. Kedua hal yang tidak pisa dipisahkan, domain sebagai alamat website dan hosting sebagai tempat anda menaruh  file – file yang akan anda promosikan.

Toko online dapat dibuat dengan memesan domain dan hosting terlebih dahulu, yang dapat anda pesan melalui layanan hosting niagahoster, namun domain dan hosting ini bisa kalian buat sendiri jika kalian sudah terbiasa pada hal komputerisasi. Dari sinilah banyak hal yang bisa ditempuh untuk membuat toko online, mulai dari membuat sendiri hingga membeli. Untuk kalian yang suka tantangan kalian bisa mencoba betapa ribetnya mengkolaborasikan PHP, Javascript, HTML, Python, domain, hosting, dan web security.

Jika anda termasuk orang yang asing dengan kata – kata tersebut pasti ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga apabila kalian ingin menyuruh orang untuk membuatkan, wajar bila biaya cost nya akan lumayan untuk merogoh kocek anda.  Namun jangan khawatir melalui CMS (Content Management System) anda bisa membuat toko online tanpa harus membuat website mulai dari nol, disini anda tinggal memasukkan konten seperti apa yang anda inginkan melalui wordpress, joomla, drupal atau moodle.

Toko Online bisa diperoleh dengan mudah tanpa harus mengerti bahasa pemograman, hal ini didukung dengan fitur instan deploy. Disitu anda bisa memilih domain dan hosting yang anda inginkan dengan siklus sewa pembayaran selama 1 bulan, 3 bulan, atau 1 tahun, untuk masalah keamanan lengkapi dengan SSL let’s encrypt atau comodo SSL yang berbayar.

Baca juga: Tips Nego Harga Barang Bekas Lewat Toko Online

Setelah memiliki domain dan hosting anda bisa menamai domain sesuai keinginan anda, kemudian mendaftarkan akun akses dan memasukkan troli sebagai parameter total order anda. Dan jangan lupa untuk melunasi tagihan pada server instan deploy yang anda pilih. Setelah sietem pembayaran tagihan lunas, toko online telah siap untuk digunakan, cukup mudah bukan. Selamat mencoba dan selamat berbisnis.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *