Press "Enter" to skip to content

Strategi Memberikan Ongkos Kirim

Ongkos Kirim atau biasa disebut dengan istilah Ongkir merupakan hal yang wajib ada pada dunia e – commerce atau perdagangan online, ongkir akan dibebankan kepada pihak pembeli sesuai dengan wilayah tujuan, berat, dan dimensi produk yang mereka beli, sehingga mereka harus mentransfer seharga barang yang dibeli ditambah biaya kirim tersebut.

Strategi Memberikan Ongkos Kirim

Inilah yang terkadang membuat harga semakin mahal dan harga aslinya tidak jauh berbeda dengan ongkirnya, sehingga para pembeli akan berpikir ulang dan memilih membeli barang di toko fisik saja. Namun jika perusahaan menyediakan sistem ongkir gratis, pasti akan menarik semua konsumen untuk membelinya, karena dengan kata gratis akan membuat para pembeli lebih tertarik, apalagi jika gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Ini akan menghilangkan biaya yang seharusnya dibayarkan lebih mahal untuk biaya kirim.

Ongkos kirim menjadi salah satu strategi promosi yang kompetitif, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan strategi, yang pertama dengan sistem Call us atau ongkir dirahasiakan, melalui cara ini penjual menampilkan harga barang tapi belum terdapat informasi biaya kirim. Strategi ini cocok untuk penjualan barang unik, eksklusif atau barang langka lainnya. Dan pastikan sasaran konsumen anda dengan tepat, anda pun harus siap untuk melayani segala pesan dan telepon yang masuk, yang mungkin hanya sekedar tanya – tanya saja tidak jadi beli.

Selanjutnya anda bisa menggunakan strategi daftar biaya ongkir antar kota, yang disajikan dalam bentuk download link atau scan foto, namun cara ini lebih terlihat ndeso dan tidak high tech padahal cara ini juga cukup fungsional. Dan selanjutnya dengan memukul rata per pulau, misal seluruh jawa dikenai ongkir 15 ribu maka untuk luar pulau jawa senilai 20 ribu , hal ini sering digunakan oleh perusahaan yang menjual produk media, seperti koran, buku dan majalah. Dengan menggunakan teknik ini sebaiknya memajang biaya ongkir didepan kemasan setiap produk, sehingga setiap pembeli sudah bisa mengkalkulasikan sendiri biaya total dari barang yang hendak dibelinya.

Ongkos kirim memiliki strategi yang paling intensif, yaitu ongkir secara gratis, bagaimana perusahaan bisa melakukan hal ini, apakah tidak akan rugi? Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan ambil biaya ongkir termahal diseluruh daerah lalu masukkan biaya tersebut kedalam harga pokok produksi anda, dan tentukan untung yang akan anda ambil.

Baca juga: Belanja Online di Toko-Toko Ini untuk Dapatkan Gratis Ongkos Kirim

Dengan fasilitas ongkir gratis seluruh Indonesia ini bagi konsumen yang jeli pasti akan terlihat lebih mahal bila dia berada disekitar tempat berbisnis anda, konsumen jeli seperti ini jarang ditemui, dan akan terlihat sangat menguntungkan bagi konsumen yang berada jauh dari lokasi penjualan anda. Jadi pertimbangkan strategi ongkir gratis ini dengan baik.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *