Press "Enter" to skip to content

Tips Nego Harga Barang Bekas Lewat Toko Online

Dalam proses penjualan, tak jarang diantaranya penjual yang memberikan kesempatan bagi pembeli untuk melakukan nego harga atau tawar menawar harga, sehingga memungkinkan konsumen untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah kedepannya. Konsumen sendiri juga harus tau bagaimana tips nego harga untuk mendapatkan nilai yang kian murah tersebut.

Tips Nego Harga Barang Bekas Lewat Toko Online

Karena pada dasarnya tidak semua orang memiliki kemampuan dalam negosiasi, bentuk-bentuk penjualan semacam ini umumnya ada di pasar-pasar tradisional, dimana antara pihak penjual maupun pembeli masih menggunakan sistem tawar menawar untuk mencapai sebuah kesepakatan, sedangkan untuk kelas pusat perbelanjaan atau mungkin swalayan harga yang ditetapkan sudah pasti dan tak bisa dilakukan tawar menawar lagi.

Namun sekarang ini sistem semacam ini juga hadir lagi khususnya lewat penjualan secara online, pasti banyak yang sudah tak begitu asing, mengingat transaksi online beberapa waktu belakangan memang kian populer, apalagi dengan masyarakat yang selalu menginginkan semuanya menjadi lebih mudah dan cepat, maka cukup dengan mengandalkan gadget yang dimiliki Anda sudah bisa membeli barang apapun yang dibutuhkan.

Sistem nego ini umumnya diberlakukan untuk penjualan produk-produk bekas, seperti kendaraan ataupun gadget. Berikut ini tips nego harga secara online yang bisa Anda coba lakukan, yaitu:

  1. Hubungi kontak penjual terlebih dahulu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencatat kontak atau nomor ponsel dari penjual tersebut, umumnya penjual akan memberikan kontak untuk informasi yang lebih lanjut, dibandingkan dengan melakukan chattingan di aplikasinya, maka akan jauh lebih aman menghubungi langsung.
  2. Tanyakan mengenai produknya terlebih dahulu, biasanya dari kelengkapan barang dan juga kondisinya, dari sini nantinya Anda akan tau apa saja yang menjadi kelemahan dari produk tersebut, kemudian lakukan survey harga, survey harga memungkinkan untuk tau berapa pasaran harga barang yang sama dalam kondisi yang sama yaitu bekas. Jadi tak salah dalam menawar nantinya.
  3. Mulai melakukan tawar menawar harga barang tersebut, tawar menawar akan berakhir ketika dua belah pihak mendapatkan harga kesepakatan, namun juga ada kalanya tidak berhasil dengan penjualan barang karena antara penjual maupun pembeli tidak mencapai kesepakatan.
  4. Jika bisa bertemu secara langsung dengan penjual tersebut, umumnya langkah negosiasi akan berjalan dengan lebih baik jika seandainya Anda bertemu langsung dengan penjual tersebut, karena bisa sekalian mengecek kondisi barang, sehingga tak akan ada pihak yang merasa dirugikan kedepannya. Jadi setelah mencapai kesepakatan maka barang dapat langsung dibeli dan dibawa pulang.

Baca juga: Inilah Cara Nego Harga yang Ampuh dan Bisa Anda Coba

Tips nego harga tersebut juga dapat Anda coba untuk pembelian barang secara langsung, namun ingat hanya melakukan nego harga untuk barang yang memang dapat dinego saja.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *