Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah Agar Terhindar dari Penipuan Harga Diskon Fiktif di Toko Online

Salah satu bentuk promosi yang paling sering digunakan oleh sebuah toko untuk menarik perhatian pembeli adalah dengan memberikan potongan harga atau harga diskon, mengingat sekalinya ada tawarkan harga barang yang lebih hemat maka akan ada banyak orang yang berbondong-bondong untuk membelinya, sehingga efektif dalam meningkatkan penjualan mereka. Namun tentunya diskon yang diberikan tersebut sudah berdasarkan perhitungan sehingga antara kedua belah pihak tak ada yang dirugikan.

Cara Mudah Agar Terhindar dari Penipuan Harga Diskon Fiktif di Toko Online

Diskon sendiri tak hanya bisa Anda jumpai lewat pembelian secara langsung, melainkan juga belanja online atau di internet. Banyak yang pastinya sudah tak begitu asing dengan sistem pembelian berbasis online ini, mengingat beberapa waktu belakangan memang terbilang banyak diantara pelaku bisnis online yang gencar-gencarnya menarik perhatian konsumen dengan memberikan harga serendah-rendahnya.

Dengan tawaran diskon harian, bahkan juga sistem flash sale sehingga lebih banyak diantara masyarakat yang tidak enggan lagi untuk belanja kesini. Namun faktanya sendiri terkadang tawaran menggiurkan semacam diskon disalah gunakan oleh beberapa oknum, mereka memang berikan tawaran harga diskon disana, namun faktanya tidak, barang yang ditawarkan tersebut harganya tetap sama dengan nilai jual asli, karena sebelumnya penjual sudah menaikkan harga jualnya terlebih dahulu sebelum di diskon lagi.

Hal tersebut dikenal juga sebagai diskon fiktif, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari diskon fiktif ini, diantaranya adalah:

  1. Lakukan survey harga terlebih dahulu, tak hanya satu toko yang pastinya akan menjual produk yang sama, lakukan survey terlebih dahulu harga produk di toko-toko lainnya, jika ternyata memang sama, bahkan setelah di diskon itu artinya toko memberikan diskon fiktif, bukan yang sebenarnya, sebaiknya jangan berbelanja disana.
  2. Manfaatkan situs perbandingan harga, ini adalah situs yang memungkinkan Anda untuk mengetahui harga barang antara satu market place atau e-commerce dengan yang lainnya, sangat bermanfaat khususnya adakah untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan penipuan semacam ini.
  3. Cek ongkir atau ongkos kirim dari barang tersebut, cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempertimbangkan biaya ongkir, mengingat beberapa barang terkadang memang murah, namun dikirim dari perbatasan, sebut saja diantaranya adalah Batam, kemudian juga Kepulauan Riau bahkan juga Pontianak. Sehingga membuat kalkulasi harganya sebenarnya sama dengan yang ada di toko-toko lainnya.
  4. Cek tahun keluarnya, hal ini bisa dilakukan untuk produk gadget layaknya smartphone, karena semakin lama dirilis ke pasaran, maka nantinya tawaran harga juga jadi semakin murah, karena terjadi penyurutan harga.

Baca juga: Tips Berbelanja agar Tidak Terjebak Harga Diskon

Mudah bukan, resiko penipuan secara online ini sangat mungkin terjadi, konsumen yang dituntut untuk lebih selektif ketika akan berbelanja. Tawaran harga diskon pada dasarnya memang terlihat begitu menggiurkan, namun belum tentu nantinya akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *