Press "Enter" to skip to content

Tips Nego Harga Rumah dengan Baik

Tips nego harga adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan dalam transaksi jenis apapun, penawaran yang dilakukan oleh pembeli terhadap penjual terkadang bisa berjalan dengan lancar, namun tak jarang juga berjalan dengan sangat alot. Dalam beberapa iklan kegiatan penjualan ditemukan kata bisa nego atau harga nego, hal ini menunjukkan bahwa barang yang mereka jualbelikan bisa ditawar dengan harga yang lebih murah asalakan tahu bagaimana cara menawarnya.

Tips Nego Harga Rumah dengan Baik

Namun meski demikian masih banyak pula konsumen yang merasa dirugikan, mereka sudah berhasil menego tapi sebenarnya mereka tetap mendapat harga yang mahal dipasaran, oleh karena itu sebelum membeli anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kegiatan negoisasi berlaku pada transaksi apapun, termasuk jual beli rumah. Jual beli rumah termasuk jenis transaksi yang terkenal alot, karena pembelian properti ini termasuk  keputusan jangka panjang dan tidak luput dari resiko, maka berhati – hatilah sebelum melakukan negoisasi. Karena jika anda sampai salah dalam mengambil keputusan, ini akan membuat anda menyesal seumur hidup.

Tips nego harga rumah yang pertama adalah mengetahui terlebih dahulu harga pasar, pastikan anda cocok dengan harga yang ditawarkan, supaya lebih mantap bandingkan dengan harga rumah kawasan tersebut dengan kualifikasi tipe dan kondisi yang sama agar kalkulasi anda tepat dan tidak meleset. Selanjutnya kontrol emosi anda saat bernegoisasi, berikan tampilan biasa saja dan jangan terlalu antusias saking sukanya kamu dengan rumah itu, karena kondisi ini bisa dimanfaatkan penjual dan mengakibatkan transaksi nego berjalan lebih alot.

Dalam hal ini yang tak kalah penting adalah sikap kompromi yang anda tampilkan, tetaplah bersikap fleksibel, dan ajukan beberapa pertanyaan setelah melakukan survei, jangan langsung setuju dengan penawaran yang dilakukan, kendali harus tetap berada ditangan anda dan manfaatkan tiga atau empat kali survei untuk menarik ulur penjual. Dan perhitungkan cashflow dengan baik , perhitungkan potensi keuntungan dengan menganalisis harga pasar, harga likuiditas, hingga harga transaksi, dari perhitungan tersebut anda bisa memberikan penawaran yang layak.

Tips nego harga selanjutnya adalah memperhatikan seberapa besar penawaran yang akan anda lakukan, berikan batas penawaran yang wajar, jika si penjual merasa keberatan dengan batas penawaran maksimal anda, maka sebaiknya negoisasi segera dihentikan, karena akan membuang- buang waktu saja. Dan satu lagi yang perlu diingat adalah jangan sekali – kali menyebut harga penawaran lebih dahulu, biarkan si penjual menyebutkan nominalnya sampai seberapa besar batas penawarannya, maka setelah itu penjual akan memberikan feedback berupa pertanyaan seberapa berani pembeli akan menawar.

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Ketika harga yang ditawarkan sebesar 1 miliar maka negoisasilah dari harga 600 juta hingga 800 juta, direntang angka 200 hingga 400 juta tersebut anda bisa memaksimalkan kegiatan bernego. Setelah terjadi kesepakatan berikanlah alasan tenggang waktu untuk mencairkan dana, kuramg lebih selama 1 bulan. Biasanya penjual akan tetap memaklumi dan menerima kesepakatan tersebut.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *