Press "Enter" to skip to content

5 Langkah Tepat Menanggulangi Penipuan Online Ketika Berbelanja

Tindak kejahatan yang sering membuat seseorang merasa merugi itu bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan melalui apa saja. Tidak terkecuali ketika Anda melakukan belanja online, banyak sekali kasus penipuan online yang menimpa para pembeli pemula. Entah karena kurang paham ataupun kurang pengalaman, banyak sekali orang yang akhirnya enggan belanja online akibat pernah merasakan kerugian ketika berbelanja. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas secara lebih tuntas langkah seperti apa yang bisa membuat Anda terhindar dari masalah tersebut.

5 Langkah Tepat Menanggulangi Penipuan Online Ketika Berbelanja

Melakukan transaksi melalui online itu bisa dikatakan gampang-gampang susah, gampang karena prosesnya mudah dan sesuai. Tetapi bisa susah ketika Anda menemukan jenis situs online yang ternyata mencari korban untuk ditipu. Sebagai pembeli pemula atau hanya sedang coba-coba belanja online memang perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu supaya tidak mengalami masalah atau kasus yang merugikan. Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang tepat dan bisa mengurangi resiko Anda mengalami kerugian yaitu:

  1. Perhatikan situs yang Anda pilih sebagai tempat belanja tersebut, baik kredibilitasnya, alamat secara lengkap, ataupun lainnya. Perlu juga untuk memahami apa saja yang menjadi kesan masyarakat lainnya yang sudah lebih dahulu belanja ditempat tersebut. Misalnya memberikan komentar mengenai produk, pelayanan ataupun yang lainnya. Dari itu Anda bisa melihat sendiri seperti apa situs tersebut.
  2. Perhatikan detail produk sebelum Anda melakukan pembelian, ini berkaitan seperti keaslian ataupun baik buruknya produk. Untuk penjual yang akan melakukan penipuan pasti akan memberikan seribu alasan supaya Anda percaya jika produk tersebut sudah terbaik. Nah, inilah cara mengantisipasi penipuan online yang sekarang ini marak terjadi.
  3. Jangan mudah memberikan segala bentuk informasi yang sangat pribadi sekali, apalagi mengenai keuangan. Banyak sekali masyarakat yang kurang paham akhirnya mengalami kerugian akibat kartu kredit yang disalahgunakan oleh penjual online.
  4. Waspadai proses yang kurang lazim, misalnya saja pada saat melakukan pembayaran melalui beberapa rekening yang ternyata namanya berbeda ataupun yang lainnya. Jika memungkinkan Anda bisa memilih pembayaran secara langsung atau COD.
  5. Cek setiap proses yang Anda lakukan, jadi segala bentuk bukti transaksi, chatting ataupun yang lainnya jangan dihapus ataupun dibuang terlebih dahulu sebelum semuanya sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu jika mengalami masalah bisa langsung mudah menindaklanjuti pada pihak berwajib.

Baca juga: Menghindari Penipuan di Forum Jual Beli Online

Nah, itulah beberapa langkah ampuh yang bisa Anda praktekkan secara langsung ketika melakukan pembelian melalui online. Pada dasarnya belanja online itu mudah dan sangat menguntungkan sekali jika Anda terhindar dari penipuan online ataupun kasus yang lainnya. Pemilihan situs belanja yang tepat menjadi tolak ukur apakah proses belanja Anda berjalan aman atau tidak.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *