Press "Enter" to skip to content

Inilah Cara Nego Harga yang Ampuh dan Bisa Anda Coba

Harga merupakan satu wujud barang tersebut dinilai oleh pembelian, umumnya harga tersebut telah ditentukan oleh pemilik pengusaha yang sudah memperhitungkan secara matang. Jika Anda melihat berbagai kegiatan ekonomi seperti jual beli, sering sekali dikenal dengan nego harga dari konsumen dengan penjual. Hal ini bertujuan supaya mendapatkan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak mengenai harga yang telah ditentukan untuk sebuah produk. Meskipun memang jenis negosiasi itu tidak berlaku pada semua tempat pembelanjaan.

Inilah Cara Nego Harga yang Ampuh dan Bisa Anda Coba

Akhir-akhir ini booming toko online yang memberikan kesempatan kepada konsumennya untuk melakukan negosiasi harga. Jadi sebagai konsumen Anda mendapatkan keuntungan besar demi harga terbaik, termurah dan tentunya sesuai dengan barang ataupun kemampuan Anda. Namun untuk proses nego tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu ada beberapa strategi yang tepat untuk bisa sampai dengan titik aman atau harga pas. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai penjual untuk bernego antara lain:

  • Jangan mematok harga pokok.

Setiap penjual pastinya sudah menentukan harga khusus yang sudah tidak bisa lagi diganggu oleh konsumen lainnya ketika membeli. Harga itu merupakan perhitungan dari profit atau margin yang sudah didapatkan. Nah, jika Anda sebagai konsumen melakukan nego dibawah harga tersebut sudah pasti tidak bisa mendapatkan barang. Makanya sebagai penjual jika Anda menerapkan sistem nego jangan patok harga terlalu dekat dengan harga pokok.

Baca juga: Situs Belanja Online yang Menyediakan Fitur Nego Harga

  • Fokus pada kelebihan.

Strategi yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemikatan kepada pelanggan mengenai produk tersebut. Jadi berikan kelebihan-kelebihan yang ada pada produk sehingga bisa membuat konsumen merasa ingin memiliki dan tidak ingin melakukan nego harga lagi. Jika sudah begitu, harga tinggi suatu barang tidak akan menjadi masalah yang besar bagi pembeli.

  • Lihat sekeliling Anda.

Menerapkan sistem nego pasti akan mematikan harga yang lebih tinggi dari pada nilai pokok produk tersebut. Nah, supaya Anda tidak salah dalam menentukan harga ada baiknya untuk melihat para pesaing dengan produk yang sama. Taruh harga jangan terlalu tinggi dari mereka, bisa lebih rendah karena itu akan membuat konsumen merasa harga yang Anda tawarkan lebih rendah dari yang lain.

  • Kurangi biaya yang lain.

Sebuah bisnis sering kali diperhitungkan dengan biaya-biaya lainnya sampai dengan akhir pada harga paling pokok. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih meskipun menggunakan sistem nego ada baiknya Anda mengurangi beberapa biaya operasional lainnya.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar meskipun sering melakukan negosiasi dengan pelanggan. Sebagai konsumen pun Anda juga harus lebih bijak, jangan terlalu mudah dengan rayuan para penjual. Lakukan nego harga serendah mungkin sampai Anda mengetahui harga pokok sebenarnya. Dengan begitu kemungkinan Anda mendapatkan harga suatu barang yang lebih mahal tidak akan pernah terjadi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *