Press "Enter" to skip to content

Tips Berbelanja agar Tidak Terjebak Harga Diskon

Menjelang hari libur atau pada event-event tertentu, biasanya situs jual-beli online memberikan diskon-diskon besar. Bahkan diskonnya bisa mencapai puluhan persen lho. Tentunya hari-hari tersebut banyak ditaksir para shopaholic lantaran mereka mengincar harga miring. Biasanya pula meski sedang mengadakan, penjualan malah akan meningkat drastis. Pasalnya konsumen yang awalnya tidak tertarik membeli menjadi lapar mata dengan tulisan diskon tersebut. Sekilas, harga miring tersebut memang sangat menggiurkan. Padahal tidak semua barang diskon wajib dibeli. Inilah yang harus diluruskan agar para konsumen tidak terjebak harga diskon.

Tips Berbelanja agar Tidak Terjebak Harga Diskon

Ingin lebih tahu lagi bagaimana menghindar dari jebakan harga diskon yang menguras kantong? Simak tips-tips berikut ini :

  • Sikap Rasional

Sikap yang rasional nyatanya memang dibutuhkan saat berbelanja di kala diskon. Pasalnya banyak konsumen yang berpikir bahwa diskon tidak boleh terlewat. Bahkan barang yang sejatinya tidak perlu dibeli, dalam tulisan diskon, maka menjadi menarik untuk dibeli. Padahal dari segi psikologi, ini termasuk permainan pikiran lho. Kamu merasa diskon merupakan hal urgensi yang harus segera dilaksanakan. Faktanya meskipun terlewat kali ini, diskon akan ada di kesempatan lain.

  • Ketahui Harga Asli

Bukan bermaksud menjelekkan merk yang memberikan diskon, namun tidak jarang ada seller atau merchant yang curang dalam menetapkan harga diskon. Biasanya mereka akan menaikkan harga lebih dahulu baru kemudian memberikan diskon. Nah… mulailah dengan berbelanja di merchant yang memang terpercaya dimana harga-harga produk disana sudah kamu kenali dengan baik. Selain itu, tidak ada salahnya membandingkan harga antara satu merchant dengan merchant yang lainnya sebelum melakukan transaksi.

Baca juga: Manfaat Toko Online dan Beberapa Aplikasi Online untuk Belanja dengan Diskon Banyak

  • Cermat Berhitung

Kunci sukses berbelanja saat diskon adalah dengan jeli dalam menghitung potongan harga. Misalnya diskon yang diberikan bertulisan 50% (+20%). Jangan anggap jika diskon nyata produk tersebut adalah 70% karena cara menghitung diskon dengan tulisan seperti itu adalah pengurangan 50% terlebih dahulu, baru kemudian hasilnya dikurangi 20% lagi. Jadi jangan asal menafsirkannya agar kamu tidak kaget saat membayar di kasir.

  • Lihat Ulasan Pembeli Terdahulu

Salah satu cara mengetahui bahwa merchant yang kamu tuju terpercaya dalam berjualan adalah dengan melihat ulasan pembeli sebelumnya. pastikan produk mendapat penilaian bagus dan ulasan yang baik. Dengan begitu, baik harga, kualitas, hingga pengiriman dapat terjamin.

  • Stok Lama

Stok lama memang tidak masalah selagi barang masih bagus. Namun lain halnya bagi para pecinta fashion yang up to date lantaran produk tersebut bisa dianggap kuno. Jadi ini tergantung dengan persepsi. Selama kamu tidak masalah dengan produknya, maka itu sah-sah saja.

Bagaimana? sudah mengerti tips dalam berbelanja agar tidak terjebak harga diskon? Semoga bermanfaat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *