Press "Enter" to skip to content

Tips Jualan Online yang Mudah untuk Pemula

Sekarang ini transaksi online sangat familiar di kalangan masyarakat. Jual-beli via online dapat diartikan sebagai kegiatan transaksi antara penjual dan pembeli dimana mereka tidak bertemu secara langsung (tatap muka) melainkan melalui alat seperti fitur online market, panggila telepon, atau sekedar sms, dan juga lain sebagainya. Di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa fasilitator yang mewadahi para penjual dan pembeli yang ingin melakukan transaksi online, seperti Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan beberapa situs-situs online lainnya. Hal inilah yang mendasari mengapa tips jualan online sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha pemula.

Tips Jualan Online yang Mudah untuk Pemula

Berikut adalah tips jualan online bagi pemula, yaitu :

  • Posting Foto Barang Jualan Hasil Karya Sendiri

Sebenarnya jika kita menjadi seorang reseller, tidak masalah memposting foto dari seller kita untuk dijual kembali. Hal ini legal karena pada dasarnya kita sudah mendapat izin dari yang memiliki foto produk. Namun lain ceritanya jika kita berjualan sendiri. Seseorang tidak bisa hanya memposting foto dari seller tersebut tanpa menyatakan diri reseller. Itu tindakan yang tidak etis. Selain itu, jika terdapat hal-hal yang kurang mengenakkan, tindakan tersebut dapat merugikan pihak seller yang fotonya diambil. Jadi ada baiknya ambillah foto dari produk yang akan kamu jual sendiri lalu mempostingnya di toko onlinemu tanpa khawatir merugikan orang.

Baca juga: Tips Jualan Online Dengan Memilih Tempat Yang Tepat

  • Cantumkan Keterangan yang Jelas

Yang perlu diingat, kita berjualan online, bukan melakukan penipuan online. Jadi jangan sampai kamu memberikan keterangan yang sangat berbeda dari produk aslinya. Misalnya produk berwarna merah terang namun dituliskan dengan warna merah maroon. Selain mengecewakan pembeli, kamu juga bisa dikomplain di lapak tokomu lho. Tentunya itu akan sangat merugikan, bukan? Cobalah memupuk kepercayaan pembeli dengan mulai mencantumkan keterangan yang jelas, detail, dan sesuai dengan produk aslinya. Tuliskan pula harga dan keterangannya, apakah itu harga pas, harga setelah diskon, harga tanpa diskon, atau juga bisa dilakukan nego. Kamu harus mencantumkan semuanya agar pembeli jelas dan meminimalisir kesalahpahaman.

  • Aktif Promosi

Di era ini, promosi sangat mudah dilakukan. Pasalnya hampir semua pengguna internet pasti menggunakan social media. Maka itulah ladang yang tepat bagimu untuk menambah calon konsumen. Aktiflah berpromosi melalui akun social mediamu, lengkap dengan hashtag yang relevan agar mudah ditemukan. Gunakan juga teknik foto yang baik agar pembeli tertarik dan penasaran dengan produkmu. Jangan lupa gunakan kalimat yang menarik.

  • Hindari Black Campaign

Bersainglah secara sehat dan jangan pernah menjelek-jelekkan rival tokomu. Fokus saja pada produk jualanmu dan jangan pernah mempedulikan lapak orang lain.

Bagaimana tips jualan online diatas? sudah mengerti apa saja yang harus dilakukan jika ingin berjualan? Tunggu apalagi, segeralah membuka toko onlinemu dan jaring pembeli sebanyak mungkin. Jangan lupa pelajari trik marketing yang baik dan selalu balas pesan pembeli dengan cepat. Semoga berhasil!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *