Press "Enter" to skip to content

Tips Belanja Online Agar Tidak Overbudgeting

Di era sekarang dimana semua kebutuhan hidup tersedia, belanja online menjadi satu dari sekian banyak cara pemenuhan kebutuhan yang sangat diminati masyarakat. Bahkan tidak jarang banyak shopaholic yang menjadikan online shopping menjadi semacam lifestyle tersendiri. Alasannya selain praktis, belanja online juga sangat efisien dan sering mendapat harga murah dari toko konvensional. Acap kali bahkan banyak yang rela mencari tips-tips belanja agar hasratnya semakin mudah tersalurkan.

Tips Belanja Online Agar Tidak Overbudgeting

Sayangnya, kerap berbelanja lewat online dapat menyebabkan kecanduan hingga melakukan pemborosan. Bahkan tidak jarang banyak yang mengalami overbudgeting dan menyebabkan keuangan terganggu. Nah, simak tips-tips belanja online berikut ini agar aman dan keuangan terkendali dengan baik :

  • Rekening Khusus

Ini merupakan trik sederhana namun kaya akan manfaat. Pasalnya jika kamu memisahkan rekening untuk keperluan keluarga dengan rekening belanja pribadi, maka kamu akan dapat mengontrol pengeluaran menjadi semakin efektif. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menyisihkan beberapa jumlah uang yang memang sudah dikondisikan untuk keperluan pribadimu dan tidak mengganggu keuangan keluarga jika kamu mengambilnya. Lantas masukkan uang tersebut ke dalam rekening baru yang khusus digunakan untuk belanja saja. Dengan begini, jumlah pembelanjaan yang telah ditetapkan secara otomatis akan menghentikan keinginan konsumtifmu tanpa disadari.

  • Susun Daftar Belanja

Menyusun daftar belanjaan sejak dulu merupakan salah satu cara mengatur keuangan. Sama halnya dengan belanja bulanan, belanja online juga membutuhkan daftar barang yang dibutuhkan hingga barang yang tidak begitu dibutuhkan. Dengan mengatur prioritas tersebut, maka kamu dapat mengatur pengeluaran dari lapar mata dengan berbagai tawaran belanja yang tersedia.

  • Gunakan Lapak Murah dan Terpercaya

Meskipun sejatinya cara transaksi di lapak-lapak jual-beli online itu sama saja, namun jika dicermati, ada harga bersaing antara satu lapak dengan lapak lainnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk membandingkan harga diantara beberapa lapak dan kemudian memilih yang paling murah diantaranya.

  • Ajak Teman

Di dalam lapak jual-beli online, biasanya terdapat promo gratis ongkos kirim namun dengan jumlah pembelian tertentu. Jika kamu berniat membeli barang yang berada di bawah harga minimum, maka ada baiknya kamu mengajak teman agar biaya tersebut terpenuhi dan kalian bisa menikmati gratis ongkir.

Baca juga: Inilah Tips Belanja Akhir Tahun Agar Anda Terhindar dari Jebakan Penjual Nakal

  • Langganan Newsletter

Dengan berlangganan, kamu bisa mengetahui kapan dan apa saja diskon spesial yang ada tanpa takut ketinggalan informasi.

  • Manfaatkan Situs Promo

Tidak ada salahnya memanfaatkan situs-situs penyedia promo seperti Diskonaja, Flipit, hingga Shopcoupons. Selain mendapat reward, kamu juga bisa mendapat kemudahan transaksi lainnya.

Nah, itulah tips-tips belanja online yang aman dan tidak overbudgeting. Semoga tips ini dapat membuatmu lebih cermat dan lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang. Tidak ada salahnya berbelanja online namun budget juga harus diperhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *