Press "Enter" to skip to content

Langkah Awal Berinvestasi Di Pasar Saham

Pasar saham yang lebih kita kenal dengan sebutan bursa efek yang merupakan sebuah pasar terorganisasi dimana para pialang melakukan transaksi jual beli saham atau surat berharga dengan berbagai perangkat aturan yang telah ditetapkan di Bursa Efek tersebut.

Langkah Awal Berinvestasi Di Pasar Saham

Pada dasarnya,jika seseorang ingin bertransaksi berbisnis di pasar saham sebaiknya melakukan pembelian maupun penjualan saham,maka anda harus berhubungan langsung dengan perusahaan saham atau biasa disebut broker atau perusahaan pialang yang menjadi anggota bursa resmi. Dalam melakukan investasi saham memang masih didengar asing oleh individu terutama yang masih ketinggalan informasi atau teknologi. Namun berikut ini tips untuk pemula jika ingin melakukan investasi :

  • Minimalkan dana untuk berinvestasi

Pada dasarnya, jika seseorang ingin melakukan investasi memang tidak ada batasan dana dan jumlah yang ditentukan untuk jual beli saham. Namun dalam perdagangan saham, jumlah yang diperjualbelikan adalah dalam satuan perdagangan yang disebut lot. Biasanya didalam sebuah pasar saham setiap lot mempunyai nilai 100 lot.

  • Mematangkan pengetahuan sebelum berinvestasi

Salah satu syarat mutlak sebagai pemula yaitu harus benar-benar mematangkan informasi dan pengetahuan mengenai saham. dalam pembelian saham anda dapat memilih berbagai saham dari ratusan saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek atau Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia. BEI merupakan pasar modal yang berfungsi mempertemukan pihak yang membutuhkan modal atau disebut dengan Emitan dengan pihak yang dapat memberikan modal atau disebut dengan Investor. Memang anda tidak perlu untuk mengusai saham secara akademis. Namun jika anda memiliki basis pengetahuan tentang saham dan pengetahuan akuntansi tentunya akan mempermudahkan anda menilai keuangan dalam sebuah perusahaan saham.

  • Mengenali keuntungan investasi saham

Sebelum anda memulai melakukan investasi ,anda juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan investasi saham. investasi dalam sebuah saham memiliki dua keuntungan yaitu Capital Gain dan pembagian Dividen. Dalam perhitungan didalam keuntungan investasi saham juga memiliki cara perhitungan yang berbeda juga. Namun anda juga harus mengetahui ,didalam sebuah invetasi setiap perusahaannya memiliki kebijakan masing-masing dan biasanya keuntungan yang dibagi juga tergantung perusahaan namun perhitungan saham tetap sesuai dengan standar prosedur.

  • Menyiapkan modal untuk berinvestasi

Yang sering menjadi pertanyaan adalah ,berapa modal yang diperlukan untuk melakukan investasi ? dalam melakukan investasi di pasar Saham seberapa saham yang akan kita beli juga tergantung seberapa mahal atau seberapa lot dari masing-masing harga saham. Meskipun anda tidak perlu berpatokan pada batas modal anda, yang perlu anda terapkan cukup mengetahui minimal yang ditetapkan oleh sekuritas.

Baca juga artikel menarik lainnya di situsbeli.com

Demikian tips untuk anda jika akan melakukan investasi saham, sebelum melakukan investasi pastikan anda memilih perusahaan yang memang dipercaya. Jika anda masih belum paham dalam dunia investasi maka sebaiknya pahami dulu dasar dasar dalam pasar saham lebih detail.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *