Press "Enter" to skip to content

Ulasan Seputar Bitcoin Mining, Hingga Sisi Negatif Adanya Bitcoin Itu Sendiri

Istilah bitcoin mining atau menambang bitcoin memang sudah terdengar gaungnya sejak lama. Namun untuk sebagian orang, masih awam dan belum begitu familiar dengan yang namanya bitcoin. Bitcoin itu sendiri merupakan sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Sebagai mata uang dalam bentuk elektronik, bitcoin tidak ada bentuk fisiknya sama sekali. Tidak ada koin bitcoin seperti mata uang pada umumnya (konvensional). Bitcoin layaknya mata uang digital lainnya yang disimpan di internet.

Ulasan Seputar Bitcoin Mining, Hingga Sisi Negatif Adanya Bitcoin Itu Sendiri

Sejak awal pembuatannya, Nakamoto merancang bitcoin dengan sistem terdesentralisasi. Berbeda dengan uang pada umumnya, tidak ada satu lembaga yang bisa melakukan kebijakan yang berdampak pada nilai mata uang bitcoin. Sedangkan untuk uang pada umumnya (uang konvensional) mempunyai sebuah otoritas sentral. Di awal-awal kemunculannya, bitcoin menjadi alternatif untuk mereka yang tidak suka mempercayai pemerintah, bak sentral, ataupun institusi pihak ketiga untuk menjaga nilai dari mata uangnya dan menjamin transaksi pengguna.

Untuk mendapatkan bitcoin, beberapa marketplace yang biasa disebut sebagai bitcoin exchange memungkinkan orang untuk membeli atau menjual bitcoin. Orang-orang juga bisa mengirimkan bitcoin satu sama lain dengan aplikasi mobile atau bisa juga melalui komputer. Kurang lebih sama seperti mengirim uang secara digital pada umumnya. Cara lain untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan menambang bitcoin atau istilahnya bitcoin mining. Kita bisa menambang sendiri menggunakan komputer untuk memecahkan puzzle matematika kompleks. Jaringan bitcoin akan memberikan imbalan bagi para penambang (miners) dengan memberikan bitcoin bagi mereka yang berkontribusi memberi daya komputasi yang dibutuhkan. Semakin besar daya komputasi yang disumbangkan, maka semakin besar juga bagian imbalan yang diperoleh.

Baca juga: Investasi Menguntungkan dengan Bitcoin

Konsep bitcoin yang menawarkan kepemilikan utuh tanpa perlunya ikatan dengan pihak ketiga baik dari swasta dan pemerintah, menjadi daya tarik tersendiri untuk penggunanya. Namun seiring berjalannya waktu, hal ini disadari menjadi kelemahan bitcoin itu sendiri. Bahkan, bitcoin itu sendiri memiliki banyak sisi negatif untuk digunakan, seperti:

  1. Bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan yang ingin menyembunyikan uang hasil kejahatannya. Karena jika mereka menyimpan uang di bank, maka uang hasil kejahatannya akan dengan mudah terlacak
  2. Dapat disalahgunakan oleh beberapa orang yang ingin menyembunyikan pendapatannya dari pemerintah serta menghindari adanya kewajiban membayar pajak. Dengan begitu, pendapatan negara dari pajak itu akan hilang karena uang yang tidak terlacak.
  3. Bentuk bitcoin yang tidak riil tidak menjamin bebas dari pencurian.

Bitcoin bisa dicuri oleh para peretas sistem komputer sehingga tidak sepenuhnya aman saat menyimpan bitcoin di cloud maupun komputer user.

  1. Ketidakstabilan nilai mata uang bitcoin jika dikonversi ke mata uang konvensional lainnya yang sangat fluktuatif. Sehingga jika saat ini nilai mata uangnya tinggi, maka untuk beberapa waktu ke depan belum tentu berlaku demikian. Bisa jadi akan semakin merosot turun nilainya.
  2. Proses bitcoin mining untuk mendapatkan bitcoin terbilang cukup susah untuk dilakukan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *