Press "Enter" to skip to content

4 Alasan Mengapa Banyak yang Memilih Usaha Rumahan

Membangun usaha rumahan belakangan ini memang menjadi pilihan favorit masyarakat, kira-kira apa alasan yang mendasarinya? Sesuai dengan namanya usaha ini memang dijalankan di rumah yang memang menjadi tempat tinggal Anda dan keluarga. Tak pelak ketika menjalankan usaha dari rumah seperti ini memberikan banyak keuntungan yang tidak diberikan bisnis jenis lainnya. Ada banyak alasan mengapa usaha jenis ini berkembang pesat dan menjadi pilihan sebagian besar masyarakat yang sudah berpikir untuk membuka usaha sendiri.

4 Alasan Mengapa Banyak yang Memilih Usaha Rumahan

Alasan Memilih Usaha di Rumah

Pamor usaha yang dilakoni di rumah sendiri ini memang meroket tajam, ada banyak alasan mengapa banyak yang memilih usaha jenis ini. Diantaranya adalah:

  • Fleksibel dari segi modal,

Jika ingin usaha yang bisa menghemat kebutuhan modal maka dipastikan usaha di rumah adalah pilihan utamanya. Sebab bisa memanfaatkan emperan rumah dan tidak perlu menyewa tempat sekaligus bebas biaya listrik tambahan. Fokus Anda di rumah dan tidak perlu keluar uang transport, sehingga kebutuhan modal cukup mudah untuk ditekan. Apalagi di masa awal merintis dimana semua kegiatan usaha diurus sendiri sehingga bisa lebih efisien dan mudah untuk dimulai.

  • Tidak mengesampingkan keluarga,

Alasan kedua mengapa memilih usaha rumahan ini adalah bisa tetap dekat dengan keluarga sekalipun menjalankan bisnis. Waktu di rumah lebih banyak karena memang usaha tersebut dimulai dari rumah dan diakhiri di rumah sendiri. Tidak perlu keluar rumah kecuali untuk belanja bahan baku, mengantar pesanan, dan semacamnya. Namun waktu lebih banyak dihabiskan di rumah yang artinya perhatian pada keluarga terutama anak-anak tidak akan terganggu dengan usaha yang dikelola.

  • Waktu menjalankan usaha yang lebih bebas,

Berbeda selama menjadi karyawan kantoran bisa jadi jam kerja tidak tetap karena ada keperluan sehingga diminta lembur. Menolak lembur tentu sama susahnya menelan obat dengan cara dikunyah, jadi lembur pun dijalani meski hati mengeluh. Bandingkan dengan usaha yang dijalankan di rumah sendiri meski harus lembur namun fleksibel bisa kapan saja sesuai tenaga yang dimiliki. Tidak harus selesai hingga jam sekian, namun disesuaikan dengan kemampuan yang terpenting produksi berjalan dan pesanan bisa terpenuhi.

Baca juga: 5 Ide Usaha Rumahan Untυk Ibu Rumah Tangga

  • Bisa mengikuti keinginan,

Menjalankan usaha yang tidak sesuai dengan minat, passion, bakat, atau mungkin kebutuhan pribadi lainnya akan terasa lebih berat. Proses menikmati jatuh bangun menjalankan usaha tersebut akan lebih sulit. Maka dalam menjalankan usaha idealnya memilih usaha skala rumahan sebab bisa disesuaikan betul dengan kepribadian pelakunya. Tertarik dengan usaha fashion maka bisa direalisasikan, jika usaha runtuh bisa diganti dengan usaha yang sesuai passion lainnya. Tidak perlu takut gonta-ganti usaha rumahan karena yang pasti kebutuhan modalnya lebih bersahabat sehingga tekanannya ringan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *