Press "Enter" to skip to content

Tak Hanya Tips Belanja Online, Kenali Juga Resikonya Berikut Ini!

Belanja tentu sudah menjadi aktivitas yang umum dilakukan oleh semua orang. Ya, belanja memang suatu aktivitas yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Kini dengan teknologi yang kian berkembang, belanja pun juga bisa dilakukan dengan kian mudah mengingat sudah ada sistem belanja online saat ini. Banyak sekali tips belanja online yang ada di dunia maya mulai dari tips agar belanja aman, tips agar belanja murah dan tips lainnya.

Tak Hanya Tips Belanja Online, Kenali Juga Resikonya Berikut Ini!

Sebetulnya bagi penyuka belanja online, tak hanya tips belanja saja yang harus Anda ketahui. Anda juga harus mengembangkan pengetahuan Anda dengan tahu resiko dari belanja online. Untuk itu, berikut ini beberapa resiko yang mengintai pembelanjaan online yang harus Anda tahu:

  • Resiko finansial

Resiko finansial yang dimaksud berhubungan dengan adanya kerugian keuangan yang kemungkinan terjadi di setiap orang ketika bertransaksi online. Contohnya saja adalah saat seseorang sudah mengirimkan uang, namun ternyata barang yang dimaksud tidak dikirim. Tentunya hal ini akan menjadikan kerugian, apalagi jika uang yang ditransfer tidak sedikit.

  • Resiko sosial

Untuk resiko selanjutnya yakni resiko sosial dimana kemungkinan kerugian yang dialaminya adalah berhubungan dengan adanya pengaruh nilai sosial hingga pandangan pada teman hingga keluarga. Misalnya saja banyak yang menganggap bahwa penyuka belanja online yakni orang dengan manajemen keuangan boros.

  • Resiko waktu

Kemungkinan resiko lainnya para pembelanja online yakni resiko waktu. Resiko waktu ini biasanya adalah dari pengiriman barang yang lama dilakukan. Hal ini beda sekali dengan transaksi biasa dimana bisa langsung dibawa pulang untuk barang yang dibeli itu. Namun belanja online, Anda butuh waktu sampai barang yang dibeli sampai ke rumah.

  • Resiko kinerja

Untuk resiko kinerja, hubungannya adalah dengan resiko kemungkinan untuk barang atau jasa yang dibeli itu tak sesuai diharapkan misalnya barang yang tak sesuai pesanan, jumlah barang kurang atau ketidak sesuaian lainnya. Hal ini seringkali terjadi di dunia maya sehingga para konsumen memang harus teliti dan lebih hati-hati lagi ketika belanja.

  • Resiko psikologis

Resiko psikologis biasanya lebih berhubungan pada kurang nyamannya seseorang secara psikologis ketika belanja online. Misalnya saja ketika pembeli kadang merasa khawatir dan was-was jika barang yang dibeli tidak sesuai, lama datang atau alasan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Belanja Baju Hemat Dеngаn Memanfaatkan Diskon

Itulah beberapa resiko yang kemungkinan menimpa para pembelanja online. Sebetulnya untuk mengatasi semua resiko tersebut, ada satu tips belanja online yang pasti harus Anda lakukan yakni harus teliti. Ya, Anda wajib untuk selalu teliti dan cermat sebelum membeli. Tak usah sungkan bertanya jika memang ada kurang jelas pada barang atau Anda kurang percaya pada pembelinya.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *