Press "Enter" to skip to content

Kenali Konsep Bitcoin Minning yang Sedang Hits Saat Ini!

Teknologi yang terus berkembang tak hanya memudahkan untuk komunikasi semata, melainkan juga banyak sekali lini kehidupan. Salah satunya adalah di aktivitas keuangan. Mungkin Anda pernah mendengar nama Bitcoin. Bitcoin sendiri adalah mata uang virtual yang bisa dipakai untuk lakukan aktivitas transaksi online. Mata uang ini sudah muncul sejak beberapa tahun yang lalu dimana mampu memberikan peluang baru bagi para penggiat online untuk dapatkan sumber keuntungan. Selain mengenal Bitcoin, maka Anda juga harus tahu tentang konsep Bitcoin Minning atau penambangan Bitcoin.

Kenali Konsep Bitcoin Minning yang Sedang Hits Saat Ini!

Penjelasan singkat terkait penambangan Bitcoin adalah sebuah aktivitas seseorang, untuk bisa mendapat Bitcoin dengan memakai perangkat komputer yang sudah lengkap dengan fitur dan juga sistem yang dibutuhkan. Orang yang menambang Bitcoin ini disebut dengan penambang Bitcoin atau Bitcoin miner. Banyak yang memberikan tutorial untuk menambang Bitcoin dengan mudah. Namun sebetulnya untuk bisa menjadi penambang Bitcoin sendiri langkahnya tidak mudah dan butuh banyak sekali pengetahuan.

Sebelum itu, ada baiknya Anda lebih tahu dulu dengan konsep Bitcoin Minning sebenarnya. Sebetulnya penambangan Bitcoin merupakan proses untuk penghitungan secara matematis yang dilakukan di jaringan Bitcoin. Tentu Anda sudah paham sekali jika Bitcoin ini sistemnya seluruhnya dilakukan dalam sebuah sistem online. Tujuan dari adanya penghitungan matematis tentunya untuk bisa lakukan verifikasi transaksi pada Bitcoin di internet. Dengan bisa melakukan verifikasi itu, maka Bitcoin miner akan bisa dapatkan celah berupa blok baru di jaringan Bitcoin yang isinya adalah sejumlah Bitcoin baru serta bisa diambil. Dari sini Bitcoin miner itu akan bisa dapatkan Bitcoin bagi dirinya sendiri. Jika kian banyak proses untuk verifikasi dan juga penemuan dari blok baru, maka Bitcoin yang bisa ditambang juga akan kian banyak pula.

Tak hanya konsep dari penambangan Bitcoin saja yang membuat penasaran, namun juga tahapan yang ada di penambangan Bitcoin ini. Jika dulu aktivitas ini sudah bisa dilakukan hanya menggunakan perangkat keras CPU komputer biasa saja, namun beda dengan saat ini karena sistem keamanan yang ada di Bitcoin sudah ditingkatkan dengan sangat ketat dan tinggi. Dengan demikian, maka sistem CPU mining sudah tak akan bisa diandalkan lagi. Lanjut dengan penggunaan GPU yakni kartu grafis dengan kemampuannya yang handal. ATI Radeon 5870 HD saat itu benar-benar jadi andalan.

Baca juga: Mengenal Konsep Bitcoin Mining / Penambang Bitcoin

Namun kian berkembang waktu, Bitcoin Minning sistemnya kian canggih dimana kini sudah menggunakan sistem FPGA Mining. Perangkat ini adalah gabungan perangkat komputer sudah lengkap dengan adanya tambahan Bitcoin rig mining yakni perangkat pengganti pada fungsi CPU ataupun GPU. Meski demikian, kini sistem terus berkembang dan akan terus di perbarui sehingga Bitcoin kian lama kian rumit.

 

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *