Press "Enter" to skip to content

Penggunaan Dana Pajak dan Cara Bayar Pajak Online

Seperti diketahui bahwa pendapatan utama negara adalah dari sektor pajak yang dibayarkan masyarakat atas benda, kegiatan, dan hal-hal lainnya yang sesuai peraturan pemerintah memiliki kewajiban pajak di dalamnya. Secara langsung maupun tidak langsung, masyarakat akan kembali menikmati apa yang dibayarkannya melalui hasil pembangunan. Karena itulah kita sebagai masyarakat bijak harus mengetahui kewajiban bayar pajak agar pembangunan negara bisa terlaksana dimana manfaatnya juga bisa kembali kita rasakan.

Penggunaan Dana Pajak dan Cara Bayar Pajak Online

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penggunaan dana pajak yang setiap hari disetorkan secara langsung maupun tak langsung oleh masyarakat:

  1. Untuk membayar hutang negara.
  2. Menggaji pegawai negeri sipil.
  3. Membiayai pembangunan sarana dan infrastruktur dalam negeri.
  4. Membiayai kebutuhan pertahanan dan keamanan negara misalnya membeli senjata, latihan keamanan dll.
  5. Subsidi pangan, papan dan bahan bakar.
  6. Biaya pelestarian lingkungan hidup.
  7. Biaya pemilu.
  8. Biaya pembangunan alat transportasi massa.
  9. Dsb.

Untuk memfasilitasi kesadaran masyarakat akan membayar kewajiban pajak mereka, pemerintah terus meningkatkan layanan dari kantor pajak yang berada di semua daerah. Kini sudah ada eBilling yang merupakan sistem online untuk menghitung kewajiban pajak dan menjadi sarana mudah dalam membayar pajak. Kini Anda wajib pajak bisa melihat tagihan pajak dan membayarkannya secara langsung tanpa perlu ke kantor pajak dan antri seperti dahulu.

Cara bayar pajak online ini sudah mulai difungsikan sejak tahun 2016 lalu. Kini kantor pajakpun sudah tak melayani pembayaran pajak untuk mencegah penyalahgunaan. Dana yang Anda transferkan akan langsung masuk rekening negara untuk bisa digunakan secara global. Belum tahu cara membayar pajak secara online? Berikut ini adalah tata caranya yang cukup mudah bagi Anda orang dewasa yang sudah memiliki kewajiban pajak.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat kode billing atau Id billing. Id billing ini nantinya akan menjadi identitas Anda dalam kewajiban membayar pajak. Untuk membuatnya, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti kantor pos, bank tertentu, aplikasi online pajak, kantor pelayanan pajak, dsb. Setelah memiliki ID billing, Anda tinggal menggunakannya untuk masuk ke layanan online pajak, ATM atau kantor pos dan mini market untuk mengetahui jumlah tunggakan pajak yang belum dibayarkan. Dengan begitu Anda tak perlu lagi pergi ke kantor pajak untuk membayar kewajiban pajak.

Baca juga: Tips Bayar Pajak Motor dengan Online

Warga negara yang bijak adalah warga negara yang disiplin bayar pajak dan ikut serta mengawasi penggunaannya. Pelajari apa saja yang dikenai pajak termasuk penghasilan terendah yang kena pajak dan barang-barang mewah yang kena pajak. Diharapkan dengan kesadaran membayar pajak tepat waktu bisa membantu masyarakat lain yang tinggal di pedesaan atau pelosok negeri untuk juga merasakan pembangunan sama seperti yang berada di perkotaan besar.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *