Press "Enter" to skip to content

Apa Itu Investasi Bitcoin? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Pentingnya investasi saat ini sudah mulai dipahami banyak orang dari berbagai kalangan. Baik tua muda, kalangan atas dan menengah sudah memiliki cara investasi yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan mereka. Contoh investasi yang sudah banyak dilakukan antara lain adalah investasi saham, reksadana, properti, emas hingga deposito. Namun kini ada satu lagi investasi baru yang muncul di era digital yaitu investasi bitcoin. Tak seperti investasi lain yang berwujud, investasi ini tak memiliki wujud melainkan hanya seperti egold di dalam jaringan komputer saja.

Apa Itu Investasi Bitcoin? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Bitcoin bisa dianggap sebagai elekctronic gold yang bisa diperjualbelikan di dunia maya. Bitcoin hanya diciptakan terbatas saja yaitu sebanyak 21 juta keping dimana satu bitcoin saat ini dihargai sekitar Rp. 200 juta. Angka yang fantastis untuk sebuah investasi tak berwujud. Bitcoin dibuat dan dilindungi oleh database Blockchain yang bisa diakses oleh siapa saja yang memiliki akun dalam jaringan tersebut sehingga tidak memungkinkan adanya pemalsuan data ataupun transaksi. Jumlah bitcoin yang pembuatannya dibatasi mengakibatkan harga bitcoin ini terus naik dari waktu ke waktu.

Bitcoin tidak berada di bawah otoritas negara tertentu atau mata uang tertentu. Bagi siapa saja yang ingin memilikinya, bisa membeli dengan harga yang terjadi saat ini atau dengan cara mining bagi yang mengerti dunia teknologi. Meski bitcoin tak bisa dikeluarkan atau diwujudkan, namun Anda bisa menjualnya secara digital dan uang yang didapat dari penjualan tersebut bisa Anda gunakan sebagai hasil keuntungan investasi. Investasi Bitcoin sendiri mulai ramai dibicarakan sejak beberapa kasus kriminal meminta tebusan dalam bentuk bitcoin.

Pastinya banyak pertanyaan seputar keamanan dari Bitcoin ini. Menggunakan sistem open source yang telah diteliti oleh banyak pakar, terbukti bahwa sistem yang digunakan bitcoin tak bisa dibobol untuk membuat bitcoin baru yang bisa menguntungkan diri sendiri. Pergerakan bitcoinpun bisa dilacak dengan transparan sehingga tak bisa memunculkan sesuatu yang palsu. Namun dalam segi investasi resmi, tak ada landasan hukum bagi investasi ini sehingga sebelum Anda membelinya harus siap untuk mengambil resiko baik untung maupun ruginya.

Baca juga Bagaimana Cara Kerja dari Bitcoin Minning? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Karena bitcoin sendiri merupakan investasi digital, maka komputer atau smartphonelah yang menjadi dompetnya. Sebisa mungkin Anda melakukan backup secara berkala agar ketiak terjadi sesuatu pada komputer Anda, masih memiliki back up yang bisa digunakan untuk melacak bitcoin kembali. Meski begitu, karena jaringan investasi bitcoin ini transparan, Anda tetap bisa masuk menggunakan alamat dan kode yang dimiliki. Meski terlihat sangat menguntungkan, namun semua investasi memiliki resikonya masing-masing yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilikinya. Pemerintah Indonesia sendiri sudah dengan jelas melarang penggunaan Bitcoin untuk transaksi jual beli demi keamanan pembeli dan penjual karena belum memiliki payung hukum yang jelas.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *