Press "Enter" to skip to content

Mengapa Perlu Bayar Pajak Tepat Waktu? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Seperti diketahui bahwa pendapatan negara berasal dari 2 sektor yaitu pajak dan non pajak. Pajak didapatkan negara dari pembayaran oleh wajib pajak yaitu masyarakat Indonesia sendiri terhadap barang atau kegiatan yang dilakukan. Ada banyak jenis cara pembayaran pajak yang terjadi di Indonesia tergantung dari jenis pajak tersebut. Pajak penambahan nilai misalnya, langsung dikenakan oleh para buyer ketika membeli suatu barang kena pajak. Sedangkan untuk pajak penghasilan, dipotongkan secara langsung dari gaji bulanan jika nominalnya memenuhi penghasilan minimal kena pajak. Sedangkan cara bayar pajak lainnya adalah dengan menyetorkan pada periode tertentu seperti pada pajak bumi dan bangunan, pajak kendaraan bermotor dan lainnya.

Mengapa Perlu Bayar Pajak Tepat Waktu? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Untuk pajak yang perlu dibayarkan secara mandiri oleh masyarakat, pemerintah menerapkan sistem denda jika masyarakat terlambat membayar pajak yang diwajibkan padanya. Sebagai contoh adalah pajak kendaraan bermotor yang jatuh setahun sekali dan harus dibayarkan secara langsung di Samsat setempat. Jika pemilik kendaraan terlambat membayar, maka sangsi yang harus diterima adalah denda sejumlah besaran tertentu sesuai dengan jenis kendaraan. Pajak sendiri digunakan oleh negara untuk banyak hal terutama untuk pembangunan baik daerah maupun nasional. Karena itulah masyarakat perlu mendisiplinkan diri dalam membayar aneka pajak yang diwajibkan padanya.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat dari pajak sehingga kerap lalai dalam bayar pajak setiap tahunnya, berikut ini adalah pemanfaatan pajak yang perlu diketahui untuk mendorong rasa disiplin sebagai warga negara yang taat pajak:

  • Membiayai pengeluaran negara.

Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang utama. Pendapatan tersebut pasti digunakan untuk membiayai semua kebutuhan negara termasuk kebutuhan militer seperti pengadaan senjata untuk pertahanan, pembangunan negara seperti jalan, jembatan, sarana umum serta objek rekreasi, hingga gaji para pegawai pemerintahan.

  • Membiayai proses produktif.

Membiayai proses produksi barang ekspor seperti bahan tambang atau penangkapan ikan di laut milik negara.

  • Membiayai proses non produktif.

Membiayai kebutuhan negara dalam bidang sosial, pemilu, pelestarian lingkungan hidup, dsb.

  • Pembayaran hutang negara.

Sebuah negara pasti memiliki hutang luar negeri yang harus dibayarkan setiap periodenya. Kebutuhan ini juga diambilkan dari pajak negara.

  • Memberi piutang.

Pajak negara juga dirasakan oleh para pemilik usaha mikro atau makro dalam bentuk pinjaman modal dari pemerintah.

Baca juga Beberapa Manfaat Bayar Pajak Kepada Negara

Banyaknya manfaat dari pajak tersebut di atas, seharusnya menjadikan Anda para wajib pajak harus disiplin dalam bayar pajak serta melaporkan harta kekayaan jika memiliki harta yang melebihi nominal bebas pajak. Pembayaran serta penggunaan pajak juga melibatkan peran serta masyarakat secara aktif agar uang pajak bisa digunakan dengan baik dan tidak diselewengkan oleh pejabat ataupun petugas pajak terkait.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *