Press "Enter" to skip to content

Cara Menghemat Pemakaian Kipas Angin di Rumah

Indonesia merupakan negara tropis yang pastinya memiliki hawa yang sangat panas, apalagi setelah era globalisasi yang membuat suhu bumi semakin panas. Sehingga saat ini banyak ruangan yang menggunakan alat pendingin ruangan seperti kipas angin. Namun saat membeli benda tersebut seringkali orang berpikir lebih jauh karena penggunaannya pasti akan lebih memboroskan listrik di rumah. Tetapi ada beberapa tips untuk Anda agar tetap menghemat penggunaan listrik meskipun memakai alat pendingin ruangan di rumah.

Cara Menghemat Pemakaian Kipas Angin di Rumah

Letakkan Kipas Angin di Dekat Jendela Rumah

Jika biasanya Anda menggunakan kipas angin dengan arah langsung ke tubuh Anda maka cara yang paling efektif agar lebih menghemat energi listrik adalah dengan meletakkan kipas angin tersebut di dekat jendela. Alat tersebut berfungsi sebagai alat penghirup udara panas, sehingga udara akan berubah menjadi lebih dingin dan sejuk. Kemudian cara tersebut juga dapat membuat ruangan secara keseluruhan jauh lebuh dingin dari sebelumnya.

Tidak Boleh Menyalakan Kipas Angin Terlalu Kencang

Ada saat dimana Anda setelah beraktivitas membutuhkan pendingin yang besar efeknya. Namun, harus diperhatikan setelah itu turunkan lagi kecepatan kipas angin tersebut karena dengan menyalakannya terlalu cepat akan berefek buruk pada kipas angin itu sendiri dan bagi tubuh kita. Jadi, nyalakan kipas dengan dengan kecepatan yang kecil saja agar suhu ruangan dapat turun dengan sendirinya.

Tidak Boleh Mengarahkan Kipas Angin Langsung Menghadap Orang

Sebaiknya jangan mengarahkan langsung kipas angin ke tubuh Anda, apalagi bagi orang-orang yang rentan sakit dan lemah. Hadapkan saja kipas ke tembok atau sudut ruangan sehingga dapat menciptakan suhu udara yang lebih dingin dan nyaman. Dibandingkan Anda langsung menghadapkan kipas angin ini langsung pasti akan merasakan efek tidak nyaman dan tak jarang akan merasakan efek sesak napas karena kipas yang terlalu kencang.

Jangan Terlalu Dekat Meletakkan Kipas Angin dari Jangkauan Orang

Kesalahan ini yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang, dengan meletakkan kipas angin terlalu dekat maka akan membuat keringat dan sirkulasi darah menjadi tidak sinkron sehingga bisa menyebabkan penyakit salah satunya masuk angin. Jarak yang paling aman adalah meletakkan kipas tersebut sejauh 2 meter.

Baca juga artikel terkait lainnya: Review Elektronik Mesin Cuci Samsung WA70H4000SW

Memilih Produk Kipas Angin yang Berkualitas

Jangan sampai Anda membeli produk kipas angin yang murah tanpa menghiraukan kualitasnya. Kipas yang kualitasnya abal-abal tidak memperhatikan kesehatan pemakai dan yang paling sering adalah malah memboroskan listrik di rumah. Kipas yang baik biasanya tidak menimbulkan suara terlalu kencang sehingga dapat menghemat pengeluaran listrik di rumah. Menggunakan kipas yang berkualitas juga dapat menjaga kesehatan pemakainya dari efek yang ditimbulkan dari kipas tersebut. Jadi pakailah kipas dengan produk yang telah dipercaya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *