Press "Enter" to skip to content

Tips Memilih dan Merawat Smartphone dengan Benar dan Tepat

Smartphone atau biasa disebut handphone pintar merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi dan juga mampu mengakses berbagai hal dengan mudah. Handphone sudah menjadi kebutuhan banyak orang saat ini baik itu orang dewasa bahkan hingga ke anak-anak. Handphone ini dapat dipilih sesuai dengan spesifikasinya dapat juga dengan kelebihan yang ditawarkan. Spesifikasi handphone saat ini diperhatikan dari segi layar, baterai, fitur tambahan dan kemudahan lainnya. Handphone pintar diproduksi oleh beberapa merek perusahaan ternama dan sudah menjadi incaran para pembeli. Belum lagi penawaran kamera selfie yang menjadi tujuan banyak wanita untuk menghasilkan hasil selfie terbaik dan mulus.

 Tips Memilih dan Merawat Smartphone dengan Benar dan Tepat

Berikut adalah tips memilih handphone pintar diantaranya: 

  • Ada 4 sistem operasi mobil yaitu Android, Blacberry, Windows Phone dan iOS. Masing-masing sudah dikenal dan banyak digunakan terutama mengeluarkan produk handphone yang selalu diincar dengan fitur dan kelebihan yang terdapat didalamnya.
  • Pertimbangkan kinerja handphone terutama dalam pemilihan CPU, pilih CPU dengan Octa core diatas 1.3 GHz atau 1.5 Ghz karena semakin besar kecepatan dari CPU maka semakin baik kinerjanya. Pilihan CPU untuk Speed Clock yaitu Dual core, Quad Core, Octa core dan Hexa core.
  • Perhatikan daya tahan baterai setidaknya lebih dari 2600 mAh dan lebih baik jika memiliki fitur fast charging sehingga akan membuat pengisian daya lebih cepat dan membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai daya 60%.

Selain beberapa diatas, perhatikan juga kapasitas penyimpanan eksternal dan juga internal. Perhatikan memori internal, RAM dan micro SD yang digunakan setidaknya menggunakan RAM 1GB, dengan memori internal minimal 8GB dan slot micro SD yang lebih besar. Pilih sesuai dengan layar yang dibutuhkan dan menggunakan resolusi yang HD untuk hasil gambar yang jelas. Smartphone juga perlu dipilih berdasarkan budget dan menyesuaikannya dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Berikut adalah tips merawat handphone pintar diantaranya: 

  • Setidaknya menggunakan casing dan pelindung layar untuk menjaga layar dari goresan dan benturan, dapat juga menghindari noda menempel pada layar.
  • Simpan handphone pada tempat yang tidak mudah jatuh dan terinjak, jangan menyimpan dalam tas atau wadah tertutup dalam jangka yang lama kecuali dalam mode off.
  • Hindari juga melakukan charging pada wadah tertutup yang memiliki potensi kebakaran dan mempersingkat daya tahan terhadap penggunaan baterai.

Baca juga Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membaca Review Smartphone

Selain beberapa diatas, perhatikan juga kondisi baterai tetap kering. Hindari menggunakan handphone saat sedang hujan dan hindari minuman dan makanan saat sedang menggunakan handphone. Bersihkan juga secara berkala dengan menggunakan kain fiber dan menggunakan tisu alkohol dan hindari menggunakan air. Saat melakukan charging sebaiknya secara berkala dan ketika mencapai 15% dan hindari melakukan charging smartphone lebih lama saat sudah mencapai 100% karena akan mempersingkat hidup handphone.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *