Press "Enter" to skip to content

Pilihan UKM Menguntungkan Jelang Ramadhan dan Lebaran

UKM atau yang lebih dikenal sebagai usaha kecil menengah menjadi salah satu bidang usaha yang bertebaran di tengah-tengah masyarakat saat ini. Banyak diantara masyarakat yang lebih memilih menjalankan pekerjaan semacam ini karena kesulitan di dalam menemukan pekerjaan di sebuah perusahaan, karena syarat yang diberikan terlalu banyak dan juga jumlah saingan yang cukup banyak, dibandingkan dengan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang belum pasti, maka lebih aman memilih membuka usaha sendiri.

 Pilihan UKM Menguntungkan Jelang Ramadhan dan Lebaran

Tak perlu yang besar-besar dan mengeluarkan banyak uang, karena Anda bisa memulainya dari tingkatan yang kecil saja, sehingga juga dapat meminimalkan resiko dalam memulai sebuah bisnis. Pilah-pilih bidang bisnis yang agaknya juga memiliki prospek menguntungkan, seperti diantaranya adalah bisnis musiman, sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan dan lebaran, ini bisa menjadi salah satu moment terbaik untuk memulai sebuah bisnis, ada banyak sekali UKM menguntungkan yang bisa dicoba saat Ramadhan, seperti: 

  1. Berjualan takjil, faktanya memang lebih banyak masyarakat yang memilih membeli menu berbuka puasa dibandingkan dengan membuat sendiri, dengan alasan tidak sempat atau ingin hidangan yang nikmat. Berjualan menu takjil ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda, mulai dari hidangan yang manis-manis atau masakan khas Ramadhan, prospeknya tinggi apalagi jika membuka gerai di lokasi yang tepat.
  2. Usaha catering sahur, ini juga jadi peluang bisnis yang menarik untuk dicoba, karena waktu makan sahur di malam hari, tak jarang yang malas menyempatkan diri untuk memasak, sehingga lebih senang menggunakan jasa catering ini. Tawarkan dengan sistem mingguan atau bulanan, dengan menu yang sudah jelas dibuat sebelumnya, sehingga konsumen bisa pilah-pilih.
  3. Bisnis item fashion, jualan produk busana muslim juga banyak dijadikan sebagai pilihan, karena memang ramadhan hingga lebaran ini sangat identik dengan busana yang serba tertutup. Jadi Anda bisa memilih menjual pakaian seperti gamis, jilbab ataupun mukena yang jelas-jelas lebih menguntungkan dibandingkan dengan model busana yang lainnya.
  4. Bisnis kue lebaran, satu lagi yang juga paling identik dengan lebaran adalah makanan ringan atau kue-kue kering, karena bagaimanapun nantinya ini akan menjadi sajian khas di atas meja saat lebaran tiba, Anda bisa mencoba menjualnya dengan sistem pre order untuk beberapa jenis kue khas seperti nastar, putri salju, kue coklat ataupun yang lainnya.
  5. Berbisnis tiket perjalanan, seperti penjualan tiket kereta ataupun juga tiket pesawat secara online, ini adalah moment dimana jumlah pembelian akan meningkat secara drastis.

Baca juga Ini Dia Beberapa Bisnis UKM dan Usaha Sampingan yang Bisa Anda Jalankan

Sudah mulai terbayang UKM apa yang akan dicoba saat jelang Ramadhan dan lebaran ini. Bisnis di musim yang tepat akan memberikan prospek keuntungan tinggi.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *