Press "Enter" to skip to content

Jenis-jenis Mata Uang Digital dan Cara Menghasilkannya

Uang digital atau uang elektronik merupakan uang yang digunakan untuk transaksi internet dengan cara elektronik. Penggunaan uang ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai. Selain itu juga, tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk barang dan sangat applicable untuk transaksi massal yang nilainya kecil. Untuk mendapatkan banyak uang jenis ini maka beberapa pengguna mengusahakan beberapa dengan mengikuti trading. Biasanya menggunakan modal dan melakukan transaksi jual beli uang ini dan ketika menggunakan modal besar akan mendapatkan banyak keuntungan.

Jenis-jenis Mata Uang Digital dan Cara Menghasilkannya

Berikut adalah beberapa jenis-jenis mata uang elektronik diantaranya:

  • Bitcoin atau BTC, diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dengan kapitalisasi pasar terbesar US$ 15 miliar dan paling mudah didapatkan.
  • Ethereum, oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 yang meraih dana sebesar US$ 18 juta secara crowdfunding untuk mendanai pengembangan platform dan sudah mencapai angka US$942 juta.
  • Litecoin atau LTC, oleh Cryptocurrency pada tahun 2011 dengan mata uang virtual untuk transaksi barang dan jasa dengan kapitalisasi sekitar US$200 juta, puncak tertinggi US$ 1,2 miliar pada tahun 2013.
  • Monero, mata uang elektronik yang berfokus pada privasi dan lebih aman karena tidak dapat dilacak. Dengan kapitalisasi sekitar US$ 181 juta dan digunakan oleh individu yang menjadi anonim di internet.
  • Dash atau Digital Cash menggunakan algoritma X11 dan menggunakan 11 putaran fungsi hash yang berbeda dan memiliki kapitalisasi pasar US$ 113 juta.
  • Ripple atau XPR yang dikembangkan oleh Ripple Network dengan menggunakan algoritma Consensus yang memungkinkan proses pembayaran, pertukaran dan pengiriman uang secara terdistribusi dengan kapitalisasi pasar US$ 234 juta.

Selain diatas, ada juga Zcash adalah uang digital yang mengenkripsi transaksi dan jumlah yang ditransaksikan sehingga tidak dapat dilacak. Zcash menggunakan dasar algoritma kriptografi yang disebut zero knowledge proof sehingga memungkinkan pengguna membuktikan mereka memiliki uang tanpa identitas. Sehingga pengguna dapat mengontrol lebih besar tentang privasi dalam transaksi digital.

Berikut adalah cara menghasilkan uang elektronik diantaranya:

  • Mining, melakukan verifikasi terhadap transaksi dan akan dibayar dan melakukan pencatatan.
  • Lending, mampu memberikan profit jika meminjamkan kripto ke website atau platform tersebut.
  • Faucet, website yang membayar jika pengguna mengikuti apa yang diinginkan oleh website.
  • Investasi, memahami nilai dari sesuatu dan kemudian membayar lebih murah.

Simak juga Usaha Tanpa Modal di Era Digital yang Banyak Menghasilkan Pemasukan

Beberapa cara diatas merupakan langkah untuk mendapatkan uang digital. Namun sebagai pengguna perlu mengetahui cara menggunakannya dan pergerakan nilai. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap harga jual dan beli serta keuntungan yang didapatkan oleh pengguna. Uang elektronik bahkan sudah digunakan untuk membayar kebutuhan karena lebih mudah untuk diuangkan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *