Press "Enter" to skip to content

Ini Dia Beberapa Bisnis UKM dan Usaha Sampingan yang Bisa Anda Jalankan

UKM atau usaha kecil menengah merupakan suatu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Usaha kecil menengah ini telah menyumbang sekitar 60% dari PDB dan mampu memberikan kesempatan kerja yang banyak pada masyarakat Indonesia. Hal ini membuat usaha kecil ini terus dikembangkan bahkan beberapa daerah sudah menyediakan fasilitas pengembangan untuk usaha ini. Bahkan kesempatan kerja ini juga mengembangkan berbagai kemampuan dari para pencari kerja, juga membantu para ibu-ibu untuk terus produktif begitu juga dengan bapak-bapak. Sudah begitu banyak ide atau peluang yang diciptakan untuk membuat usaha dengan modal yang kecil tetap penghasilan yang besar.

Ini Dia Beberapa Bisnis UKM dan Usaha Sampingan yang Bisa Anda Jalankan

Berikut adalah beberapa usaha kecil menengah dengan modal kecil diantaranya:

  • Usaha kecil menengah di bidang kuliner, mulai dari makanan ringan, minuman dan makanan pokok. Biasanya usaha ini dikembangkan pada beberapa titik yang memiliki konsumen pencari sarapan pagi sebagai targetnya.
  • Usaha kecil menengah di bidang fashion, dengan menjual beberapa model pakaian yang sedang diinginkan. Baik itu kategori pakaian wanita maupun pria, pakaian muslim dengan modal yang kecil tetapi penghasilan yang besar.
  • Usaha kecil menengah di bidang pendidikan, hal ini untuk menunjang kekurangan sarana pendidikan yang berkualitas. Salah satunya seperti lembaga pendidikan robot terbesar di Indonesia yang perlahan membantu dunia pendidikan robotika akan menyebar ke seluruh masyarakat Indonesia.
  • Usaha kecil menengah di bidang otomotif, usaha ini tidak harus besar tetapi dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa usaha seperti jasa bengkel, spare part, jasa cuci motor maupun mobil dan menjual beberapa perlengkapan motor maupun mobil.

Selain itu juga, ada usaha kecil menengah di bidang agribisnis. Hal ini dimanfaatkan dengan tanaman bahan pangan dan kebutuhan lainnya. Pengembangan dalam bidang pertanian membuat banyaknya petani berdasi dan mampu mengangkat derajat masyarakat pedesaan. Ada juga usaha kecil menengah teknologi internet, hal ini dengan pengembangan berupa komik digital, situs belanja online sebagai UKM yang sudah banyak dikembangkan.

Selain itu juga, usaha kecil yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan diantaranya:

  • Usaha laundry kiloan, terutama dengan lokasi yang terletak sekitar perumahan dan tempat tinggal mahasiswa.
  • Desain grafis, untuk jasa pembuatan logo, pamflet atau karikatur yang biasa digunakan sebagai hadiah.
  • Menjahit pakaian, dimulai dengan permak biasa dan menjadi usaha jahit yang lebih besar.

Baca juga Beberapa Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan

UKM lainnya yang dapat digunakan sebagai usaha sampingan yaitu pengetikan dan penerjemah. Walaupun terkesan sedikit rumit tetapi akan menambah penghasilan para pemberi jasa ini. Dapat juga menjadi penjual pulsa atau kuota internet yang sekarang ini banyak dicari oleh para pengguna smartphone. Dengan adanya usaha kecil ini dipastikan beberapa pengangguran akan mendapat pekerjaan tidak tetap dan menjadi tetap ketika dikembangkan dengan serius.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *