Press "Enter" to skip to content

Penyebab Fluktuasi Uang Rupiah Terhadap Mata uang Asing

Keadaan ekonomi merupakan hal yang perlu untuk dipelajari. Sehingga ketika seseorang mengeluh mengapa barang-barang kebutuhan sehari-hari harganya naik dapat untuk mengetahui penyebab hal tersebut. Dimana biasanya barang kebutuhan sehari-hari naik karena nilai mata uang asing. Nilai tukar mata uang asing tersebut akan dapat untuk menentukan harga berbagai kebutuhan terutama untuk barang bahan baku yang berasal dari luar negeri yang diimpor langsung. Oleh karena itulah hal tersebut penting untuk diketahui oleh para pelaku usaha untuk mencermati mengenai perubahan nilai mata uang asing. Dimana fluktuasi uang tersebut mempunyai beberapa penyebab yang menjadi faktornya. Misalnya beberapa faktor yang mempengaruhi fluktuasi nilai tukar dari mata uang asing adalah:

Penyebab Fluktuasi Uang Rupiah Terhadap Mata uang Asing

  • Keluar dan masuknya dana

Faktor pertama yang mempengaruhi fluktuasi nilai tukar dari mata uang asing terhadap harga barang adalah dari dana yang keluar dan masuk. Hal ini merupakan hukum ekonomi yang paling dasar yaitu hukum permintaan dan juga penawaran. Apabila ada permintaan yang banyak dengan penawaran yang sama maka harga barang tersebut akan juga semakin mahal karena siapa cepat dia yang dapat. Sehingga penjual bisa untuk mendapatkan keuntungan karena banyaknya permintaan yang ada dengan stock barang yang sedikit. Hal tersebut juga berlaku untuk nilai tukar mata uang.

  • Keadaan ekonomi makro

Hal lainnya yang sangat mempengaruhi fluktuasi uang nilai tukar adalah dari keadaan ekonomi makro. Hal tersebut juga seperti keadaan neraca yang ada di suatu negara. Dimana adanya kebijakan bank sentral, naik turunnya PDB, dan juga kebutuhan pemerintah untuk belanja dan pembayaran juga akan dapat untuk mempengaruhi nilai tukar dari mata uang secara signifikan.

  • Keadaan politik

Nilai tukar mata uang dan keadaan ekonomi juga tidak bisa dipisahkan dari keadaan yang terjadi dalam negara atau di luar negeri. Investor asing tentunya ingin menanamkan modal di negara yang mempunyai prospek menguntungkan dan keadaan yang stabil dan mudah untuk diprediksi. Oleh karena itulah keadaan politik yang stabil juga dapat untuk membuat potensi investor yang tertarik untuk menanamkan investasi. Sedangkan apabila ada hal yang dapat untuk memungkinkan kekacauan politik akan membuat ragu karena bisa terjadi hal yang tidak diinginkan dan membuat modal yang telah tertanam sia-sia. Hal tersebut akan juga berperan anjloknya nilai rupiah.

Baca juga Mengenal Fungsi dan Berbagai Instrumen Pasar Uang

  • Keputusan pemerintah

Dan hal terakhir yang sangat mempengaruhi fluktuasi uang untuk nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah adalah dari keputusan dan kebijakan pemerintah. Adanya undang-undang yang mengatur perekonomian akan dapat berpengaruh terhadap nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah. Seperti undang-undang atau aturan yang mendukung atau mengecilkan prospek industri seperti harga BBM.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *