Press "Enter" to skip to content

Pasar Saham dan Produknya yang Bisa Dipilih Pemula

Pasar modal menawarkan banyak pilihan investasi yang bisa dipilih seperti misalnya yang paling terkenal karena mempunyai keuntungan yang besar dalam waktu singkat adalah pembelian saham untuk investasi. Sehingga pasar saham merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka yang pendek dan juga jumlah yang besar. Tetapi juga harus mengetahui bahwa resiko kehilangan dari jenis investasi ini juga lebih besar dari investasi lainnya. Oleh karena itulah bagi investor pemula bisa berhati-hati untuk mendapatkan saham yang tepat.

Pasar Saham dan Produknya yang Bisa Dipilih Pemula

Saham sendiri adalah bukti penyertaan dan juga kepemilikan seseorang yang ada pada satu perusahaan atau perusahaan. Wujud saham sendiri adalah selembar kertas yang dikeluarkan dari perusahaan yang mendapatkan investasi dari pemilik saham. Dimana kertas tersebut mempunyai nama yang tercantum dalam surat pemilik perusahaan dan juga mempunyai porsi berapa persen penyertaan saham yang ditanamkan dalam perusahaan tersebut. Bukti tersebut dapat dijadikan untuk bukti kepemilikan. Sehingga ketika keuangan perusahaan sedang baik maka pemilik saham juga akan dapat untuk mendapatkan keuntungan. Dan untuk keuntungan juga tergantung dari besarnya saham yang dimiliki. Oleh karena itulah pemegang saham terbesar yang akan mendapatkan keuntungan terbesar dari perusahaan.

Jenis-jenis saham yang bisa dipilih di pasar saham sendiri ada banyak, misalnya saja yang pertama adalah jenis saham yang dapat dipilih dari segi kemampuan dalam klaim dan juga hak tagih. Saham ini mempunyai dua jenis pilihan yang ada yaitu sebagai berikut ini:

  • Saham biasa merupakan jenis yang mempunyai karakteristik yang dapat untuk melakukan klaim kepemilikan pada penghasilan perusahaan.
  • Saham preference merupakan jenis kedua yang merupakan gabungan dari obligasi dan juga saham biasa. Jenis ini menghasilkan pendapatan tetap dan juga pemilik saham dapat untuk melakukan klaim atas laba yang diperoleh oleh perusahaan.

Jenis pilihan saham selanjutnya yang dapat dipilih adalah saham dari segi cara peralihannya. Jenis yang satu ini mempunyai dua pilihan yaitu:

  • Saham atas unjuk merupakan jenis yang secara fisik tidak mempunyai nama pemilik yang tertulis di atasnya. Oleh karena itulah jenis bisa dipindahtangankan dari satu investor ke investor yang lain.
  • Saham atas nama merupakan jenis kedua yang mempunyai nama pemegang yang tertulis dan perlu untuk mengikuti beberapa prosedur tertentu untuk dapat memindahkan tangan ke investor lainnya.

Dan pilihan terakhir dari jenis yang bisa didapatkan di pasar saham adalah dari segi kinerja perdagangannya. Dan pilihan yang ada dari jenis ini adalah:

Baca juga Ingin Terjun Investasi Saham? Ini Hal yang Harus Anda Siapkan!

  • Blue chip stocks merupakan jenis saham dari perusahaan yang mempunyai reputasi tinggi.
  • Income stocks merupakan jenis yang mempunyai divide lebih tinggi dari rata-rata.
  • Growth stocks merupakan jenis yang mempunyai well known dan lesser known.
  • Speculative stocks merupakan jenis yang mempunyai resiko dan laba yang tinggi.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *