Press "Enter" to skip to content

Mengenal Fungsi dan Berbagai Instrumen Pasar Uang

Pasar uang atau money market merupakan wadah yang menjadi tempat pertemuan antara pemilik dana dan juga konsumennya. Dimana pemilik dan konsumen tersebut bisa untuk bertemu langsung atau bisa melalui perantara atau yang disebut juga sebagai broker. Dan melakukan berbagai transaksi permintaan atau juga penawaran atas sejumlah modal yang disediakan dan dibeli dalam berbagai instrumen yang bisa menguntungkan. Pada umumnya berbagai dana dan juga surat tersebut mempunyai jangka pendek yang berada di bawah 270 hari.

Mengenal Fungsi dan Berbagai Instrumen Pasar Uang

Money market sendiri mempunyai perbedaan dengan pasar modal. Dimana untuk perbedaan yang pertama dalah dari instrumen pasarnya yang berbeda. Untuk instrumen pada money market mempunyai periode waktu jangka pendek tidak lebih dari 270 hari. Sedangkan untuk pasar modal biasanya mempunyai periode lebih panjang. Selain itu perbedaan lainnya adalah dari produk yang ditawarkan yang juga tidak sama. Untuk pasar modal mempunyai jenis produk seperti saham, obligasi, dan juga reksadana. Sedangkan untuk money market mempunyai produk yang ditawarkan seperti surat-surat penting dan berharga dan juga deposito. Perbedaan lainnya adalah dari otoritasnya, dimana untuk pasar modal dibawah Departemen Keuangan sedangkan untuk money market berada di bawah BI. Dan terakhir perbedaannya juga dari resikonya yang mana untuk resiko money market lebih kecil dan stabil dibandingkan di pasar modal. Tetapi untuk pendapatan tentu saja akan lebih menguntungkan pasar modal untuk berinvestasi.

Pasar uang juga mempunyai beberapa fungsi yang bisa didapatkan. Misalnya beberapa tujuan dan fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah dapat dijadikan sebagai pembiayaan modal kerja dan juga untuk investasi jangka pendek. Sehingga dapat untuk melakukan eskpansi usaha yang diinginkan.
  • Tujuan kedua adalah dapat untuk menjadi fasilitator dan juga mediator yang ingin berinvestasi dan juga menyalurkan pinjaman untuk pengusaha Indonesia dari para investor luar negeri.
  • Tujuan lainnya dapat digunakan untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk surat berharga.
  • Dan lainnya dalah dapat untuk ikut andil dalam pembelian sertifikat BI.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, Anda bisa untuk memilih instrumen surat berharga yang ada pada money market. Misalnya saja ada sarat berharga pasar atau juga SBPU yang bisa untuk diperjualbelikan dengan BI dan lembaga keuangan lainnya. Selain itu ada juga SBI atau sertifikat Bank Indonesia yang bisa menjadi hutang jangka pendek.

Baca juga Mau Investasi Online Tapi Takut Penipuan? Ini Dia Cara Amannya!

Selanjutnya ada deposito yang bisa menjadi instrumen keuangan yang diterbitkan bank untuk simpanan nasabah. Ada juga Promissory notes yang digunakan sebagai surat pernyataan kesanggupan agar dapat membayar hutang piutang, ada juga treasury bills, banker acceptance, commercial paper, dan juga call money yang merupakan instrumen yang bisa didapatkan di pasar uang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *