Press "Enter" to skip to content

Fungsi Penting Media Massa untuk Mendorong Perkembangan Masyarakat Modern

Masyarakat pasti merasakan bentuk perubahan apa saja yang terjadi dalam kehidupan, khususnya perilaku dan kebiasaan yang didorong dari beberapa faktor. Salah satu alasan yang paling besar adalah perkembangan dari media massa sebagai sumber keluar masuknya informasi dari berbagai bidang ataupun segmen. Tanpa disadari betul hal itu ternyata mempengaruhi banyak perubahan perilaku atau moral setiap orang. Inilah kenapa pentingnya orang tua selalu mendampingi anak dalam proses belajarnya, jangan sampai mereka salah dan terjerat akibat media yang salah kaprah.

Fungsi Penting Media Massa untuk Mendorong Perkembangan Masyarakat Modern

Sebelum membahas mengenai fungsi ataupun dampak dari perkembangan media ramai sekarang ini, perlu Anda sadari terlebih dahulu arti penting dari media masyarakat atau massa. Jadi itu merupakan suatu bentuk komunikasi yang disampaikan melalui media bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai, luas, heterogen atau anonim. Nah, selanjutnya ada beberapa fungsi penting dari media ramai tersebut, antara lain:

  • Sumber informasi.

Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa media tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai sumber informasi. Berbagai kejadian, realita, peristiwa ataupun lainnya di tengah-tengah masyarakat. Jadi berita tersebut dimuat dan secara langsung akan lebih mudah diketahui oleh khalayak ramai.

  • Pendukung mobilitas.

Lalu fungsi selanjutnya adalah sebagai pendorong mobilitas Anda setiap harinya, apalagi sekarang ini media massa semakin berkembang banyak dengan berbagai kelebihan masing-masing. Jadi perannya bukan hanya sebagai media informasi saja tetapi juga membantu dalam hal ekonomi, politik, sosial, negara, agama dan lainnya untuk kepentingan masyarakat bersama.

  • Hiburan.

Saat ini sudah semakin banyak media yang beralih fungsi sebagai penyedia hiburan, jadi pendengar atau masyarakat mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Hal ini semakin terlihat dengan kehadiran media-media baru yang ada ditengah-tengah masyarakat. Walaupun ada segi positif namun berdampak negative juga jika tidak digunakan dengan tepat.

  • Fungsi pendidikan.

lalu sebagai pendorong dalam dunia pendidikan, ini dapat dilihat secara langsung dari segi positif. Pertama orang akan mendengarkan apa yang dikatakan dari media, lalu menginterpretasikan dan terakhir memahami selanjutnya akan dijadikan pertimbangan dalam pendidikan atau pengetahuan.

  • Pengawasan.

Tidak disadari bahwa media itu merupakan pengawas yang selalu memberikan berita secara real time. Bukan hanya dari masyarakat tetapi lebih kepada kerja pemerintah dan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan masyarakat.

Baca juga Inilah Alasan Twitter Masih Eksis Sampai Saat Ini Dibandingkan Media Sosial Lainnya

Jika dilihat dari teori beberapa ahli memang banyak sekali peran atau fungsi penting dari sebuah media, dan diatas merupakan sebagian kecil. Melihat saat ini perkembangan media massa semakin luas bahkan tidak ada batasannya lagi. Secara otomatis fungsinya akan semakin berkembang banyak, namun disamping itu ada banyak pula sisi negative atau dampak yang ditimbulkan dari perkembangan media masyarakat tersebut.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *