Press "Enter" to skip to content

Waspada Berita Hoax di Media Massa Online dengan Ciri Ini!

Internet saat ini sudah menjadi pusat informasi yang utama untuk hampir semua orang. Terbukti dengan semua orang yang sudah mengandalkan internet dalam berbagai macam keperluan. Memang kemudahan teknologi ini menjadikan internet adalah sebuah kebutuhan. Bahkan sudah banyak juga media massa yang mengandalkan teknologi online sehingga kian membuka pangsa pasar informasinya.

Waspada Berita Hoax di Media Massa Online dengan Ciri Ini!

Meski demikian, keterbukaan dalam hal informasi saat ini memang sudah sangat luas. Namun dampak negatif yang amat terasa adalah dimana semua orang juga dengan bebas bisa memberikan informasi ke banyak orang. Hal inilah yang banyak menjadikan berita hoax tersebar dimana-mana. Berita hoax merupakan berita yang tidak bisa diketahui kebenarannya. Kebanyakan isi dari berita hoax pun hanya bertujuan untuk memprovokasi sehingga banyak perpecahan dimana-mana.

Untuk Anda yang sudah menjadikan internet adalah bagian dari kebutuhan yang memang penting, maka disarankan sekali untuk bisa mengenal betul mana berita hoax dan mana berita yang benar adanya. Hal ini penting sehingga Anda tidak membaca berita yang salah. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui sehingga bisa membedakan antara berita hoax serta berita benar di media massa online:

  • Cek URL

Yang pertama adalah dengan mengecek URL dari berita itu berasal. Instansi berita resmi baik dari pemerintah hingga media tidak akan memakai blog gratisan dan nama situsnya pun jelas serta bisa dipertanggungjawabkan. Jika Anda membaca berita yang terkesan negatif, maka ada baiknya cek URL dulu apakah berita itu benar bisa dipertanggungjawabkan atau tidaknya.

  • Lakukan cross check

Jangan hanya membaca berita dari satu sumber saja, melainkan harus baca juga dari sumber lainnya. Hal ini penting sehingga Anda bisa mengecek kebenaran beritanya. Coba cek dulu dari situs berita lainnya. Jika memang berita itu juga termuat di media lainnya, maka bisa jadi berita itu benar adanya. Meski demikian pertimbangkan lagi untuk tidak terpancing emosi dan selalu logis dalam menyikapinya.

  • Pakai logika

Pengguna internet masa kini sudah kian cerdas. Meski demikian mayoritas pengguna internet kurang mampu menyaring informasi yang beredar. Untuk itu, jika Anda mendapatkan berita yang terkesan memprovokasi baik dari media hingga dari sebaran grup, maka ada baiknya untuk tidak menyebarkannya lagi. Hal ini karena dengan menyebarkan berita yang belum tentu benar adanya, Anda justru akan bisa membuat pembaca lainnya juga terpancing emosinya.

Baca disini Menilik Mana Media Sosial yang Tepat untuk Berjualan Online

Itulah beberapa hal yang perlu Anda cek ketika membaca suatu berita atau kabar tertentu dari media massa online. Waspadai menyebarkan berita hoax karena kini peraturan terkait berita online sudah cukup ketat sehingga bisa dikenai dengan pasal pidana yang bisa berakhir di penjara.

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *