Press "Enter" to skip to content

Trik Jitu Agar Media Massa Mau Memuat Artikel Anda

Menulis kini sudah bukan lagi hanya dijadikan sebuah hobi semata. Hal ini lantaran dengan Anda menulis, maka Anda juga bisa mendapatkan uang. Salah satu caranya adalah dengan menulis di media massa baik online maupun biasa. Kini sudah ada banyak sekali penulis lepas yang bisa hasilkan uang dengan nominal yang tak sedikit dari tulisannya sehingga Anda pun bisa menirunya. Meski begitu memang tantangan untuk menulis adalah apakah media mau memuat tulisan Anda atau tidak.

Trik Jitu Agar Media Massa Mau Memuat Artikel Anda

Jika Anda memang serius ingin agar tulisan dimuat di media, maka tulisan yang Anda hasilkan pun tidak boleh merupakan tulisan sembarangan melainkan tulisan yang harus berbobot. Tulisan berbobot tak melulu harus tulisan tentang politik atau segala hal yang berbau serius melainkan menjadikan sebuah kasus biasa menjadi layak untuk dibaca. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda tahu jika ingin tulisan mudah dimuat di media:

  • Panjang karakter

Terlalu panjang salah, terlalu pendek pun tak baik. Itulah panjang karakter yang ada di ketentuan media. Umumnya redaksi sudah memberikan ketentuan dalam hal panjang karakter ini pada setiap penulisnya. Meski sudah jelas ketentuannya, namun entah mengapa masih banyak penulis yang tak memperhatikan sehingga jangan heran jika tulisan Anda tak terbit.

  • Sesuaikan format

Setiap artikel yang ada di media massa memiliki format masing-masing bergantung pada rubrik yang ditujunya. Konsep masing-masingnya pun berbeda sehingga ketentuan ini wajib sekali untuk Anda pahami. Apabila rubrik liputan, maka isi yang ada di dalamnya haruslah berupa fakta, namun beda jika masuk ke rubrik opini dimana isinya juga harus tentang pendapat dari penulis itu. Jangan sampai dicampur adukkan.

  • Memilih rubrik yang dikuasai

Mencoba semua rubrik yang ada di media memang menyenangkan. Namun tak akan menyenangkan jika semua artikelnya ditolak bukan? Untuk itu ada baiknya tulis artikel di rubrik yang memang Anda kuasai. Misalnya saja jika Anda suka berpendapat, maka masuklah ke rubrik opini. Karakter kepenulisan setiap orang berbeda-beda sehingga Anda sendiri yang tahu dan bisa menyesuaikannya.

  • Isu yang hangat

Ini juga kerap jadi kesalahan para penulis dimana selalu membawa isu yang sudah tidak hits lagi di masyarakat. Tentunya para pembaca akan bosan jika satu isu terus menerus dibahas. Oleh karena itu selalu update informasi dan berikan isu hangat untuk pembacanya.

Baca juga Tips Bijak Pakai Sosial Media di Era Modern Ini

Itulah beberapa tips bagi Anda yang sedang berjuang agar artikel bisa termuat di media massa. Mungkin butuh beberapa kali trial and error, namun jika sudah menemukan alur penulisan dan juga kesukaan, maka nantinya Anda akan lebih mudah membuat artikel dan mudah juga untuk terbit.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *