Press "Enter" to skip to content

Ingin Terjun Investasi Saham? Ini Hal yang Harus Anda Siapkan!

Mayoritas masyarakat Indonesia masih belum begitu mengenal dengan investasi. Ya, investasi merupakan sebuah instrumen yang bisa dipersiapkan untuk bisa menggapai tujuan keuangan di masa depan. Justru kebanyakan masyarakat lebih tertarik untuk menabung dibandingkan berinvestasi padahal menabung hanyalah menekankan pada tujuan jangka pendek saja. Itulah mengapa investasi ini sangat penting. Salah satu instrumen yang bisa digunakan untuk investasi yakni investasi saham.

Ingin Terjun Investasi Saham? Ini Hal yang Harus Anda Siapkan!

Investasi dalam bentuk saham memang tidak begitu populer di Indonesia. Alasannya sendiri karena banyak yang mengira jika saham adalah penipuan, hingga resiko tinggi yang tidak mau diambil. Meski memang hal ini adalah fakta, namun di balik itu semua saham adalah instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Hal ini sejalan dengan adanya resiko tinggi yang mengiringi dimana keuntungannya juga tinggi. Dengan tingginya resiko, maka tak heran jika banyak masyarakat yang kurang berani untuk terjun di bentuk instrumen saham.

Jika Anda mulai tertarik untuk berinvestasi di dunia saham, maka Anda pun harus mempersiapkan diri juga. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk berinvestasi saham:

  • Kenali keuntungan

Pertama adalah dengan mengenali jenis keuntungan yang ada di investasi saham. Perlu Anda tahu jika di investasi dalam bentuk saham ada dua jenis keuntungan yakni capital gain dan juga dividen. Untuk capital gain ini sendiri adalah keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual dari saham itu yang harganya berdasarkan gejolak permintaan dan penawaran di pasaran. Sedangkan dividen merupakan keuntungan yang dibagi perusahaan kepada pemegang saham yang disesuaikan dengan porsi kepemilikan saham tersebut. Untuk kebijakan dividen ini, masing-masing perusahaan biasanya sudah punya ketentuan sendiri.

  • Matangkan pengetahuan

Investasi termudah pun jika tanpa ilmu maka seperti bunuh diri kepada kerugian. Oleh karena itu sebelum terjun di investasi dalam bentuk saham ini untuk bisa memperkuat pengetahuan Anda tentang saham. Selain menambah pengetahuan dan ilmu, pengetahuan akan saham yang dibeli pun juga harus Anda pahami dengan pasti. Jangan sampai Anda hanya berspekulasi karena pemilihan sahamnya juga harus disesuaikan dengan kondisi pasar hingga portofolio sahamnya. Jangan lupakan faktor manajemen resiko yang harus dipersiapkan.

  • Siapkan modal

Mungkin banyak sekali di antara Anda yang menanyakan tentang berapa modal untuk terjun di saham. Jawabannya adalah beragam. Kini sudah banyak juga broker yang mampu menawarkan harga saham hanya mulai dari 100 ribu rupiah saja. Dengan demikian diharapkan sehingga banyak nasabah yang akan terjaring. Namun tak sedikit pula sekuritas yang mematok modal awalnya di angka 10 jutaan sehingga semuanya bergantung pada perusahaan.

Baca juga Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan dari Investasi Emas yang Sebaiknya Anda Ketahui

Itulah beberapa hal yang wajib Anda tahu sebelum terjun ke investasi saham. Dilihat sekilas saja, berinvestasi saham ini sangat potensial bukan?

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *