Press "Enter" to skip to content

Mengenal Jenis Investasi Reksadana untuk Memilih yang Paling Sesuai  

Investasi adalah salah satu cara agar keuangan di masa depan bisa lebih diperhatikan. Dengan berinvestasi sejak dini, maka kemakmuran di masa depan akan bisa tercapai. Tentu Anda tidak mau, sesudah hari tua nanti Anda bingung untuk mendapatkan uang. Itulah mengapa investasi bukan hanya untuk orang tua saja namun sesungguhnya wajib dimulai sejak usia masih muda. Salah satu jenis investasi yang bisa jadi pilihan yakni investasi reksadana.

 Mengenal Jenis Investasi Reksadana untuk Memilih yang Paling Sesuai  

Reksadana adalah wadah bagi sekumpulan investor yang menginginkan untuk berinvestasi di instrumen investasi yang ada di pasar dengan pembelian dalam unit penyertaan. Dengan berkumpulnya dana dari banyak orang, maka manajer investasi akan mengelolanya ke portofolio investasi yang bisa berbentuk saham, pasar uang hingga efek dan lainnya. Belakangan ini, peminat reksadana kian lama memang kian besar saja.

 

Reksadana memang memiliki beberapa keunggulan yang tidak akan bisa didapat dari jenis investasi lainnya. Beberapa keunggulan reksadana misalnya dengan modal yang sedikit, pengelolaan sudah secara profesional oleh Manajer Investasi hingga kemudahan dalam segala prosesnya. Dalam reksadana sendiri ada beberapa jenis yang bisa jadi pilihan yakni:

Reksadana saham

Yang pertama adalah dengan adanya investasi reksadana saham dimana mampu memberikan keuntungan paling tinggi dibanding dengan jenis lainnya. Meski demikian besarnya resiko pun juga lebih besar jika dibanding dengan jenis lainnya. Untuk bisa mendapatkan keuntungan, maka direkomendasikan para investor untuk bisa mengambil jangka waktu yang panjang yakni sekitar lebih dari 5 tahun.

Baca Juga : Inilah Alasan Investasi Reksadana Bisa Dimulai Sejak Kuliah  

Reksadana campuran

Untuk jenis reksadana ini adalah kombinasi beberapa instrumen. Tujuan adanya campuran instrumen ini yakni untuk mendapatkan keuntungan misalnya saja dalam saham, obligasi hingga pasar uang di jangka panjang. Meski keuntungannya tak sebesar jenis reksadana saham, namun dari faktor resiko juga lebih minim.

Reksadana pendapatan tetap

Penekanan yang ada pada stabilitas modalnya sehingga bisa mendapatkan pengembalian yang istimewa. Itulah reksadana pendapatan tetap. Kinerja dari reksadana yang satu ini sendiri bergantung dari berubahnya suku bunga di Bank Indonesia.

Reksadana pasar uang

Untuk jenis reksadana yang satu ini memberikan keamanan yang tinggi dengan resiko kecil. Namun sebanding resikonya, maka keuntungannya pun juga kecil sehingga memang kurang maksimal. Bagi Anda yang masih belajar kinerja reksadana, maka jenis ini bisa jadi pilihan tepat.

 

Itulah beberapa jenis reksadana yang ada saat ini. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan nilai pencapaian yang Anda inginkan di masa depan. Kini investasi reksadana sudah bisa dilakukan secara online dimana prosesnya sangat mudah. Anda bisa mencobanya dengan modal terkecil yakni 100 ribu rupiah dulu sehingga masih terjangkau.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *