Press "Enter" to skip to content

Inilah Jenis-jenis Alat Bantu Dengar yang Banyak Diperjualbelikan di Indonesia

Setiap organ tubuh yang ada pada manusia pastinya bersifat sangat penting, salah satunya adalah telinga yang dapat digunakan untuk mendengar. Agar dapat berfungsi dengan baik, Anda pun harus sesering mungkin merawat dan juga membersihkan bagian tersebut. Namun, saat ini banyak sekali hal-hal yang dapat mengganggu dan juga merusak organ pendengaran kita dan membuatnya harus memakai alat bantu dengar untuk memungkinkan mereka tetap bisa mendengar. Alat tersebut sekarang ini sudah dirancang dengan sangat baik dan juga dengan canggih dan sebagian besar dari orang yang pendengarannya tidak baik merasa terbantu dengan kehadiran alat tersebut. Alat ini pun saat ini juga sudah banyak dijual dan beredar di Indonesia, namun perlu Anda ketahui bahwa alat ini memiliki banyak jenis, yaitu:

  1. Behind The Ear

    behind the ear
    Jenis pertama yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yang memiliki gangguan pada sistem pendengarannya adalah jenis Behind The Ear atau yang kerap disebut juga dengan jenis BTE. Jenis ini terbagi dari 3 bagian, alat pembantu pendengaran yang terletak pada belakang telinga, selang berukuran kecil yang memiliki fungsi untuk menyalurkan suara, dan earmould yang dimasukkan pada telinga. Kelebihan dari alat ini adalah dapat digunakan oleh penderita yang mengalami gangguan pendengaran dalam tahap dan juga tingkat keparahan yang beragam. Jenis ini juga banyak sekali diperjualbelikan pada situs belanja online dan juga toko online di Indonesia.

  2. On The Ear

    Jenis ini hampir sama dengan model BTE, namun jenis ini memiliki bagian yang lebih kecil dan sangat nyaman untuk digunakan pada bagian belakang telinganya. Bagian penyusunnya juga sama dengan BTE, namun hanya dalam ukurannya saja yang lebih kecil. Karena terlalu kecil, alat ini hampir tidak terlihat, terutama jika digunakan para perempuan yang memiliki rambut lebat dan panjang. Banyak yang memilih alat ini karena sangat nyaman untuk digunakan dan tidak terlalu terlihat jika mereka memakai alat bantu untuk mendengar suara-suara. Alat ini juga banyak dijual pada situs jual beli online terpercaya di Indonesia.

  3. In The Ear

    in the ear

    Sesuai dengan namanya, alat bantu dengar yang satu ini digunakan dalam telinga yang mengalami gangguan pendengaran. Jenis ini juga memiliki model yang hampir tidak terlihat jika dibandingkan dengan jenis BTE. Jenis ini juga dapat digunakan bagi mereka yang mengalami gangguan ringan mau pun berat. Selain itu, ada model dari jenis ini yang juga dilengkapi dengan fitur telecoil yang berfungsi untuk meningkatkan pendengaran mereka, terutama jika sedang menelepon, alat tersebut bisa digunakan sebagai layaknya microphone.

  4. In The Canal

    in the canal

    Model ini juga hampir serupa dengan model ITE dan dapat digunakan pada bagian liang telinga dan juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari model sebelumnya. Jenis ini dapat digunakan bagi para penderita gangguan pendengaran yang ringan hingga yang sedang, namun tidak dapat digunakan untuk yang mengalami gangguan berat. Selain itu, jenis ini juga dilengkapi dengan fitur microphone yang dapat membuat penggunanya dapat mendengar dengan lebih baik.

  5. Completely In the Canal

    Jenis terakhir dari alat bantu dengar adalah jenis CIC yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Jadi, para pemakainya pun tidak akan terlihat seperti sedang memakai alat bantu tersebut dan juga terlihat mengalami gangguan pendengaran. Jenis ini dapat digunakan bagi mereka yang memiliki gangguan yang ringan sampai dengan yang berat. Namun, perhatikanlah kebersihannya agar speaker-nya tidak tersumbat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *